Kanal

Hadiri Berbagai Even, Pemkot Kotamobagu Tampilkan Belasan Tarian 

-

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Kotamobagu tahun 2018 ini telah menampilkan 13 macam tarian adat Mongondow pada kegiatan di berbagai daerah di Indonesia.

"Kita tampilkan Tarian Kabela, Tuitan, Tomboinag, Bogani, Tarian Maleo, Tari Kopi, Tari Mogama, Dana-dana, Itu Itum, Tarian layang-layang, Tari cenge cenge, Tarian Momintahang, dan Tarian Le'ad atau tari gosok gigi," ujar Kasi Promosi Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Meyscke Kinontoa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kepada Tribun Manado, Rabu (12/9/2018).

Tarian-tarian tersebut sudah ditampilkan sejak Maret 2018 pada kegiatan Hari Kebangkitan Adat Nusantara di Minahasa. Yang ditampilkan yakni Tarian Kabela dan Tuitan.

Baca: Pemkot Kotamobagu Kesulitan Bebaskan Lahan Air Terjun Molipungan

Kemudian masih Maret, pada Cap Go Meh ditampilkan Tarian Kabela, Tuitan, Tomboinag, Bogani, Musik Bambu,Tarian Maleo, Tari Kopi, dan Tari Mogama.

Kemudian April 2018, tim Pemkot Kotamobagu berangkat ke Batam menampilkan Tarian Mogama.

"Ada 15 orang dalam tim yang berangkat. Terdiri atas empat penari, sisanya pemusik. Kami tampil pada kegiatan Pameran di Batam," ujar Meyscke.

Tarian Mogama yakni tarian adat yang menceritakan tentang mengangkat harkat martabat wanita Bolmong.

Ketika belum digama oleh keluarga laki-laki maka perempuan belum diperbolehkan ke rumah mempelai laki-laki.

"Pada tarian ini digunakan simbol payung. Dalam Mogama ada 13 langkah, tata cara adat. Tapi dalam tarian kita fokus pada payung yang bermakna perlindungan terhadap pengantin wanita. Biasanya penarinya berjumlah genap, 2, 4, atau 10," ujar Meyscke.

Baca: Pekan Ini Disperdagkop Kotamobagu Terima Hasil dari Appraisal

Pada April di Manado tim pemkot Kotamobagu menampilkan Tarian Bogani dan Mogama, di Hotel Mercure dalam rangka Lokakarya Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten Kota Kluster 18 Wilayah Sulut.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer