Kanal

Bawa Ponsel ke Toilet Bisa Sebabkan Menempelnya Bakteri

kamar mandi - travel.tribunnews.com

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah studi yang ditayangkan oleh sebuah jurnal ilmiyah Peer J, pakar biologi asal Universitas Oregon, AS, mengungkapkan 82 persen bakteri yang terdapat pada ponsel juga terdapat pada jemari mereka.

Beragam bakteri tersebut meliputi tiga famili, yakni StreptococcusStaphylococcus, dan Corynebacterium.

Sementara itu, ada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Arizona juga mengungkapkan bahwa ponsel dapat membawa 10 kali lipat jumlah bakteri yang terdapat dalam dudukan toilet.

ponsel saat di kamar mandi (travel.tribunnews.com)

Fakta juga diungkapkan oleh Insurance2go menyebutkan pada layar smartphone, tombol pengunci, tombol kembali, dan tombol home lebih banyak mengandung kuman dibandingkan dengan tempat duduk toilet maupun flush.

Dokter Urologi di Orlando Health Florida, Jamin Brahmbatt mengatakan kuman dan bakteri yang ada pada ponsel juga dapat menyebar saat sedang mengetik ataupun bermain game di ponsel.

Apabila kamu membawa serta ponsel ke dalam toilet, itu berarti kalian hanya akan mengoleksi sejumlah kuman, bakteri, dan virus untuk ponsel kalian.

Lalu bagaimana cara kita agar terhindar dari beragam bakteri tersebut?

Perlu diterapkan kedisiplinan dalam diri kita.

Pastikan selalu membersihkan tangan setelah keluar dari toilet dan tentunya jangan menyentuh ponsel saat berada di toilet.

cuci tangan (kompas.com)

Kalian juga perlu menyemprotkan cairan antiseptik (yang tidak merusak layar) atau pembersih pada layar kaca ponsel untuk mengurangi jumlah bakteri yang menempel.

pembersihan ponsel (banjarmasin.tribunnews.com)

(TribunTravel.com/ Ayu Miftakhul)

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: TribunTravel.com

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer