Kanal

Tim Gabungan DPESDM Bolmong Sidak di 2 Pasar

Tim gabungan sedang memeriksa alat timbang di Pasar Mopuya dan Ibolian, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Senin (10/09/2018). - ISTIMEWA

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Tim gabungan Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) dan Tim Pasar Tertib Ukur (PTU) bersama Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) regional IV Makassar, melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) tera dan teraulang di dua pasar yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara.

Dalam sidak kali ini, tim gabungan mengunjungi pasar Mopuya dan Pasar Ibolian.

Namun dari sidak itu tak ditemukan satu pun pelanggaran.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian George Tanor melalui Kepada Bidang (Kabid) Promosi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Tresti Hapulu berkata, pemeriksaan tera dan tera ulang adalah kegiatan pemeriksaan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan yang digunakan pedagang untuk melakukan transaksi perdagangan.

"Kegiatan tera dan tera ulang ini dilakukan guna memberikan kepastian ukuran atas setiap transaksi yang dilakukan setiap pelaku usaha,” ujarnya, Senin (10/09/2018).

Tim melakukan pemeriksaan terhadap 226 alat ukur yang berada di dua pasar yang telah kami sidak dan semunya dalam keadaan baik.

“Kami telah melakukan tera dan tera ulang 85 alat ukur di pasar Mopuya dan 141 di Pasar Ibolian semua bagus tidak ada yang curang," ujarnya

Kegiatan tera dan tera ulang ini disambut positif oleh para pedagang dan konsumen yang kebetulan hadir di pasar tersebut saat kegiatan tera berlangsung.

"Dengan adanya kegiatan ini saya mengetahui keadaan timbangan ku,” ungkap Majid, satu diantara pedagang yang telah diperiksa timbangannya.

Selain pedagang, pembeli pun menyampaikan apresiasinya kepada tim yang turun ke lapangan.

"Sangat cocok memang kalau diperiksa begini timbangannya, supaya kami pembeli yakin saat membeli tidak ada kecurangan," kata Ibu Deicy satu diantara pembeli. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer