Kanal

Maskapai Garuda Diminta Aktifkan Rute Gorontalo-Manado, Alternatif Bisa Gorontalo-Manado-Palu

Garuda - AFP

TRIBUNMANADO.CO.ID, GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo meminta Garuda Indonesia untuk mengaktifkan kembali rute penerbangan Gorontalo-Manado.

Sejak Mei 2018 lalu, rute ini tidak diterbangi lagi oleh Garuda Indonesia sehingga Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, sempat melayangkan surat mempertanyakan penutupan rute ini.

“Hari ini kami memberikan pernyataan secara tertulis yang menjelaskan berbagai permasalahan operasional dan kemungkinan untuk membuka kembali rute Gorontalo - Manado,” kata Branch Manager Garuda Indonesia Fajrin Nurahman usai bertemu dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin (10/9/2018).

Baca: Tawarkan Memijat, Staf Dinas Dikbud Diduga Lecehkan Duta Kesenian Kota Gorontalo

Fajrin menambahkan, pihaknya saat ini sedang mencari solusi dan alternatif yang memungkinkan dibukanya kembali rute Gorontalo - Manado.

Permintaan pemerintah dan masyarakat Gorontalo menjadi salah satu pertimbangan Garuda Indonesia untuk melayani jalur penerbangan Gorontalo - Manado.

“Belum bisa dipastikan sekarang kapan rute itu akan dibuka lagi. Kami masih mempelajari berbagai kemungkinan yang ada untuk melayani kebutuhan masyarakat Gorontalo,” ujarnya.

Tekait rute ini, Kepala Dinas Perhubungan Gorontalo Jamal Nganro mendorong Garuda Indonesia untuk membuka kembali rute Gorontalo - Manado.

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak Garuda, Jamal mengutarakan, alasan utama yang mendasari ditutupnya rute Gorontalo - Manado yakni karena keterbatasan armada.

"Kami masih mencari rute alternatif yang bisa disinergikan dengan rute Gorontalo. Kami mendiskusikan bagaimana jika Garuda membuka rute Ternate - Manado - Gorontalo ataupun rute Manado - Gorontalo - Palu," kata dia

Baca: Duel Pasha Ungu dan Ariel Noah, Wakil Walikota Palu Ini Akan Keluar Grub Band Jika Kalah?

"Kedua rute ini sangat menjanjikan utamanya dalam mendukung konektivitas pariwisata yang menjadi program unggulan Pemprov Gorontalo.” ujarnya.

Berhentinya Garuda di rute ini mendongkrak harga tarif batas atas menjadi Rp 800.000. Ketika Garuda ada, tarifnya hanya berkisar antara Rp 300.000 sampai Rp 500.000,” katanya.

Artikel Ini Telah Tayang di Kompas.com dengan Judul “Garuda Indonesia Diminta Mengaktifkan Kembali Rute Gorontalo-Manado”

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer