Kanal

Gadget Apple Dipastikan Bakal Makin Mahal

Kantor Apple - afp

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perang dagang yang dikobarkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap sejumlah negara rekanan ekspor-impor agaknya mulai memakan korban di dunia teknologi. 

Pekan ini Apple mempublikasikan surat yang menyatakan bahwa harga sejumlah gadget bikinannya akan mengalami peningkatan.

Rencana kenaikan harga tersebut bakal terwujud jika pemerintah jadi menerapkan tarif baru yang dikenakan terhadap impor barang dari China ke Negeri Paman Sam.

Apple menerangkan dalam suratnya bahwa tarif baru untuk barang impor dari China akan berdampak terhadap “beragam jenis produk” dan material yang dipakai dalam produksi. Apple memang mengandalkan China untuk manufaktur produk-produk buatannya.  

Baca: Trump Minta Apple Berproduksi di AS untuk Hindari Dampak Tarif Impor

Jenis produk Apple yang harganya terancam naik gara-gara tarif Trump, antara lain arloji pintar Apple Watch, komputer Mac Mini, hingga komponen untuk MacBook. Bukan cuma itu, aksesori macam earphone wireless Airpods dan stylus Apple Pencil pun bisa ikut jadi lebih mahal.

 “Kekhawatiran kami soal tarif-tarif ini adalah AS bakal menanggung akibat terburuk. Hal itu bakal berujung pada pertumbuhan dan daya kompetisi yang lebih rendah, berikut harga lebih mahal untuk konsumen AS,” tulis Apple dalam surat bertanggal 5 September tersebut.

Seperti biasa, kenaikan harga pada akhirnya akan dibebankan ke konsumen.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Senin (10/9/2018), Apple sendiri sebenarnya selama ini memiliki margin dan profit yang tinggi sehingga seharusnya bisa menyerap sebagian kenaikan harga dari tarif. 

Pada kuartal lalu, misalnya, Apple membukukan profit 11,5 miliar dollar AS dari pendapatan sebesar 53,3 miliar dollar AS. Perusahaan terkaya di dunia dengan valuasi lebih dari 1 triliun dollar AS ini memiliki kas dan ekuivalennya senilai 243 miliar dollar AS. 

Baca: Apple Siapkan Aplikasi buat Penegak Hukum Akses Data Pengguna

Surat Apple tentang kenaikan harga gadget akibat tarif tambahan terhadap barang impor dari China selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer