Kanal

Disperindagkop Berdayakan UMKM Ciptakan Produk Ciri khas

Amstrong Apollo - TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Kooperasi (Disperindagkop), akan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Disperindagkop Bolsel Amstrong Apollo, Senin (10/9/2018).

"Kita akan perkuat kelembagaan dan permodalan untuk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui program pemberdayaan," jelas Amstrong.

Setelah briket dari arang tempurung dikonsultasikan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), beberapa prodak asli daerah akan menyusul diantarannya pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dan batu bata.

"Kita berupaya agar masing-masing kecamatan punya produksi cirikhas dan punya hak paten produksi dari KPPU," ujar Amstrong.

Selain untuk memudahkan pengadaan kebutuhan pembangunan di daerah dengan memanfaatkan alam dan energi terbarukan juga menambah nilai jual.

"Sehingga tidak perlu lagi pesan ke luar daerah, sebab di daerah sendiri sudah berproduksi," jelasnnya.

Selain itu kata dia, apa yang dilakukan bertujuan untuk membuka lapangan kerja dengan keterlibatan lembaga ekonomi rakyat.

"Yang akan mensuplai menjadi distributor barang dan bahan hasil UKM/IKM," jelasnnya.

Selain memodali, pihaknya juga siap melatih dengan mendatangkan tutor-tutor terlatih dari pusat pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer