Kanal

Berupaya Wujudkan Nawa Cita, Pemkab Bolsel Gelar BID

Berlangsungnya kegiatan BID di gedung Grand Fajar Soguo - TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Bertempat di gedung Grand Fajar Soguo di Kecamatan Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (10/09/2018), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel menggelar Bursa Inovasi Desa (BID).

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pengembangan Wilayah Kementrian Desa (Kemendes) Republik Indonesia (RI) PDT dan Transmigrasi Conrad Hendarto dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Wakil Bupati (Wabup) Iskandar Kamaru, dalam sambutannya mengatakan, program PID merupakan satu di antara upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita Presiden Joko Widodo dalam RPJMN 2015-2019.

"PID untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang desa dalam menggantikan rencana dan pelaksanaan pembangunan berkualitas," jelas Wabup.

Kemudian dapat meningkatkan produktivitas rakyat dalam kemandirian perekonomian dan bisa bersaing dalam sumber daya manusia.

"Saya berpesan kepada seluruh pemerintah desa agar dalam penyusunan RPJMDES, RKPDES, dan APBDES, berkoordinasi libatkan Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD), dan Tenaga Ahli di tingkat kabupaten dalam musyawarah desa dan kegiatan desa," imbau Wabup.

Diminta kepada seluruh stakeholder khususnya para Sangadi (Kepala Desa) BPD untuk mendukung PID dan komitmen yang disepakati segera ditindaklanjuti dalam penyusunan RKPDES.

"Wajib dilaksanakan," pinta Wabup.

Sementara itu dalam arahan staf ahli menteri, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Pemkab Bolsel, di antarannya ranking satu untuk penyaluran Dana Desa (DD) dan inovasi desa yang mendapat juara satu di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) baru-baru ini.

"Kehadiran Dana Desa memacu pembangunan di desa yang muatannya menurunkan kemiskinan secara nasional 13,2 sebagai target," jelas Hendarto.

Tambahnya, ada empat kegiatan desa yang menjadi target Kemendes yaitu produk unggulan kawasan pedesaan, BUM-Des, pembangunan lumbung, dan sarana desa. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer