Kanal

Anggota TNI Ini Bersama Warga Gotong Royong Bangun Jalan Desa

Pembangunan jalan di Desa Pindol Lili Kecamatan Lolak, Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara. - ISTIMEWA

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK – Kebersamaan warga bersama dengan TNI di Desa Pindol Lili Kecamatan Lolak, Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, patut dicontoh.

Kebersamaan ini terlihat saat warga bersama Babinsa Koramil 1303-11/Lolak Serda Frans L melakukan pembangunan peningkatan infrastruktur jalan desa setempat, Minggu (09/09/2018).

Tampak puluhan warga dengan dibantu Babinsa selama pengecoran berlangsung.

Danramil 1303-11/Lolak Kapten Inf Paulus Landeng mengatakan, keterlibatan anggota TNI disaat kegiatan tersebut yakni untuk ikut meringankan warga dan mempercepat proses betonisasi agar akses jalan segera mungkin bisa dipergunakan.

“Saya sangat mengapresiasi semangat gotong royong warga desa Pindol Lili dalam pelaksanaan program ini. Kami juga terharu kepada warga yang rela meluangkan waktunya untuk kerja bhakti,” terang Danramil.

Dijelaskan, tugas pertahanan terhadap NKRI tidak hanya memanggul senjata saja bagi prajurit TNI.

Namun, keterlibatan TNI berbaur dengan masyarakat adalah bentuk kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

Dengan demikian hubungan emosional dengan warga akan semakin terjaga dan harmonis.

“Memang setiap ada kegiatan pembangunan desa, warga selalu melibatkan TNI khususnya Babinsa. Itu menunjukkan bahwa bersama rakyat TNI kuat,” pungkas Danramil.

Saat ini warga sedang membangun jalan yang tadinya berupa jalan tanah dijadikan jalan beton.

Pembangunan jalan dengan betonisasi tersebut mendapat suntikan dana dari Dana Desa yang sebagian sudah cair, Anggaran bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Dusun 3 Bapak Nefel Liaha mengatakan, jalan ini merupakan jalan lintas antar Desa, namun karena berada di pemukiman warga yang sesuai dengan hasil rapat desa menjadi tanggung jawab masing masing RT setempat.

“Pengecoran jalan dilakukan bersama warga secara bergotong royong dan terbagi menjadi beberapa kelompok dan masing masing kelompok mempunyai tugas dan tanggung jawab masing masing,” pungkas Bapak Kadus 3.

Warga lain ada yang mengambil material cor, kerikil, pasir, semen, dan air.

"Beruntung kegiatan pengecoran jalan ini Babinsa Koramil 1303-11/Lolak ikut terlibat langsung sehingga motivasi warga dan semangat kerjanya tinggi sehingga pekerjaan ini cepat selesai,” tutup Liaha. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer