Kanal

Asap Kawah Capai 200 Meter diatas Puncak

Gunung Api Karangetang - TRIBUNMANADO/JHONLY KALETUANG

Laporan Wartawan Tribun Manado Jhonly Kaletuang

SIAU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Laporan aktivitas Gunung Api Karangetang, dengan visual jelas hingga kabut 0-II.

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100-200 m di atas puncak kawah.

"Selain itu juga teramati tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.25 mm (dominan 0.25 mm)," kata Didi Wahyudi petugas pengamatan gunung api, Selasa (4/8).

Selain asap kawah yang membumbung tinggi tersebut, terjadi juga beberapa kali kegempaan, baik kegempaan hembusan dengan durasi 20 detik, kemudian kegempaan Hybrid/Fase banyak dengan durasi 12.5-13 detik, ada juga vulkanik dangkal, tektonik lokal.

"Tektonik jauh juga terekam dengan jumlah 9, Amplitudo 5-50 mm, S-P 15-35 detik, serta durasi 35-120 detik," tambahnya.

Olehnya, melihat aktivitas Karangetang, maka direkomendasi masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan pengunjung, wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas pada radius 1,5 km dari kawah aktif dan perluasan ke sektor Selatan, Tenggara, Barat dan Baratdaya sejauh 2,5 km.

"Ini bertunuam mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari material hasil erupsi 2015 karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama ke sektor Selatan, Tenggara, Barat dan Baratdaya," akhirnya.

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer