Kanal

Investasi Masuk di Mitra Rp 45,3 Miliar, Ada yang Bergerak di Bidang Perumahan hingga BBM

Investor bergerak di bidang perumahan masuk Mitra - Tribun manado / Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Puluhan miliar rupiah diinvestasikan pengusaha dalam dan luar negeri di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

"Untuk investasi dalam negeri yang terealisasi tahun 2017 senilai Rp 4,3 miliar dan untuk investasi dari luar negeri Rp 41 miliar," kata Moody Manoppo, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, saat memberikan data Jumat (31/8/2018).

Untuk investor dari dalam negeri, ada yang bergerak di bidang developer perumahan PT Batu Penjuru yang berlokasi di Kelurahan Lowu dan Desa Watuliney.

Kemudian ada PT Torakan Jaya di bidang perdagangan bahan bakar minyak (BBM) dengan pendirian stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Tombatu .

Sedangkan untuk investor dari luar negeri adalah PT Viola Viber Internasional yang bergerak di bidang serat kasar pisang Abaka di wilayah Silian.

"Untuk izin prinsip diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal dan untuk sektoral izinnya oleh pemerintah kabupaten (pemkab)," terangnya.

Adapun pengajuan izin sepanjang tahun 2017 sejumlah 1.211 meliputi 18 macam izin, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 18 tahun 2017 tentang pelimpahan kewenangan penandatangan dan penertiban perizinan dan non-perizinan, untuk dan atas nama Bupati kepada kepala dinas penanaman modal dan pelayaan terpadu satu pintu Kabupaten Mitra.

"Dari 1.211 yang diajukan, jumlah izin yang dilimpahkan 74 macam perizinan dan 7 non perizinan, hanya rekomendasi surat keterangan asal dan lainnya," jelasnya.

Proses pengajuan dan pengurusan izin di Mitra setiap tahun dinilai oleh ombudsman, di mana pada tahun 2016 dan 2017 hasil penilaian dapat warna hijau artinya baik.

Investasi di Mitra sendiri kembali digelorakan pada 2018. Sudah ada investor yang membangun komunikasi dengan pemkab Mitra untuk mengembangkan budidaya mutiara di Basaan, kemudian penanaman modal dalam negeri (PMDN) akan ada investor stasiun pengisian bahan bakal LPG di Ratahan dan yang sementara berproses rencana investasi di wisata kolom berenang water park di wilayah Molompar.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer