Kanal

KPU Mitra Ganti Sembilan Panitia Pemilih Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara, Ini Penyebabnya

Pelantikan PPK dan PPS - Tribun manado / Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Karena faktor diterima bekerja di luar daerah Minahasa Tenggara dan berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN), sejumlah panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) Pemilu 2019 mengundurkan diri.

Ini terkuak dalam pelaksanaan pengambilan sumpah dan janji pengganti antar waktu (PAW), anggota PPK dan PPS di ruang rapat kantor Komisi pemilihan umum (KPU) Mitra, Selasa (28/8).

Menggunakan pakaian putih hitam, mereka diambil sumpah dan janji sesuai dengan kepercayaan masing-masing, di hadapan lima komisioner KPU Mitra.

"Iya jadi mereka mengundurkan diri karena ada yang tugas bekerja di luar daerah. Beberapa di antaranya karena mengemban tugas sebagai ASN, sehingga takut tidak efisien dan efektif menjalankan tugas sehingga memilih mundur," terang Irfan Rabuka komisioner KPU Mitra divisi umum, keuangan dan logistik.

Total ada sembilan PPK dan PPS yang di-PAW dan penggantinya resmi bertugas usai dilantik, sesuai surat keputusan (SK) KPU Mitra nomor 30/HK.03.1-Kpt/7107/Kab/VII/2018 dan 31 serta susai dengan undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu.

Mereka yang dilantik masing-masing delapan orang PPS dan satu orang PPK. Satu orang PPK dan PPS dari Kecamatan Touluaan Selatan, satu PPS di Tombatu Timur, satu dari Pusomaen, satu Ratahan Timur, tiga orang dari Belang dan satu dari Ratatotok.

"Mengenai hak dan kewajiban akan diterima pada bulan Oktober 2018 karena dilantik di atas tanggal 15 bulan berjalan," tambahnya.

KPU Mitra berharap PPS dan PPK yang sudah dilantik bisa bekerja sebaik mungkin, sesuai tahapan dan yang utama menjunjung tinggi integritas.

"Jangan sampai terkontaminasi dengan calon anggota legislatif (caleg), hingga memberikan peluang untuk menciptakan hal yang melanggar aturan," kata lima orang komisioner KPU secara bersama-sama. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer