Kanal

Nasib Lima Anggota DPRD Mitra yang Pindah Partai di Pileg 2019 di Tangan Gubernur Sulut

Pimpinan dan anggota DPRD Minahasa Tenggara (Mitra) diabadikan pada rapat paripurna istimewa HUT Kabupaten Mitra - TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Nasib lima anggota DPRD Minahasa Tenggara yang bakal dilakukan pergantian antar-waktu (PAW), kini berada di tangan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Ke lima wakil rakyat itu adalah tiga mantan punggawa fraksi PDI Perjuangan Dekker Mamusung, Delly Makalew dan Roy Pelleng pada pemilu tahun 2019, menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Nasdem.

Dua lainnya, mantan personel Fraksi Partai amanat Nasional (PAN) yang pada pemilu 2019 hijrah ke Partai Golkar. Mereka adalah Vanda Rantung dan Tommy Lumintang.

"Berkas pengunduran diri dan surat keputusan diberhentikan dari partai politik, sudah kami masukkan ke Tata Usaha Pimpinan (TUP) Gubernur dan Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sulut pada pekan lalu," kata Novry Raco, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Kabupaten Mitra, Senin (27/8/2018).

Dijelaskannya, pihaknya tinggal menunggu penyelesaian dari Pemprov Sulut yang akan mengeluarkan surat keputusan PAW kepada lima anggota DPRD Mitra.

Sebelum mengeluarkan SK PAW gubernur harus melakukan konsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Mungkin pekan depan sudah keluar SK PAW-nya," tambah Kabag Hukum Pemkab Mitra Royke Lumingas.

Terpisah, Dekker Mamusung eks punggawa PDI Perjuangan DPRD Mitra mengatakan sudah membulatkan tekadnya untuk 'keluar' dari PDI Perjuangan dan mencalonkan diri sebagai caleg dari Partai Nasdem.

"Pengunduran diri kami ajukan karena itu merupakan aturan yang wajib dilakukan," kata Dekker.

Di kubu PAN, Ketua fraksi PAN DPRD Mitra Kisman Halla langsung mencabut status dua orang anggotanya dari alat kelengkapan dewan (AKD).
"Status mereka di AKD DPRD Mitra diambil alih oleh ketua fraksi," kata Kisman.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer