Kanal

Kampung KB di Mitra Tak Hanya Urus Alat Kontrasepsi

Penandatanganan prasasti Kampung KB di 11 Desa di Mitra oleh Bupati James Sumendap disaksikan Kepala P2KB Mitra Anna Dotulong. - TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, terus menciptakan kampung keluarga berencana (KB) pada 135 desa dan sembilan kelurahan, yang tersebar di 12 Kecamatan.

Anna Dotulong, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Mitra mengatakan, keberadaan kampung KB didukung dan ditopang oleh 11 lintas sektor.

"Total sudah ada 24 kampung KB di Mitra, tahun 2018 ketambahan 11 desa," jelas Anna, Sabtu (25/08/2018).

Lanjut Anna, keberadaan kampung KB di Mitra sejak tahun 2016 ada satu, kemudian tahun 2017, 12 desa dan tahun 2018 bertambah 11.

11 kampung KB di Mitra pada tahun 2018 ini ditandai dengan penandatangan prasasti, oleh James Sumendap Bupati Mitra.

Di momentum pencanangan 11 kampung KB di Mitra yang sudah dilaksanakan P2KB, ikut diserahkan bantuan, satu set alat kesehatan opsgin bad atau tempat tidur pemasangan kontrasepsi untuk Puskemas Ratahan Timur dan RSUD Mitra Sehat.

Yoppi Kalesaran, Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara menambahkan, keberadaan kampung KB di Mitra dipantau oleh penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) di 12 kecamatan dan ratusan kader yang tersebar di setiap jaga di desa.

Bersama penyuluh dan kader KKBPK di kampung KB akan laksanakan program KKBPK.

"Jadi sekarang yang diurus tak cenderung hanya bagi-bagi alat kontrasepsi, suntik implan, kondom, pil, ayudi, metoda operasi pria ( MOP ) dan metode operatif wanita (MOW). Lewat program KKBPK sudah bicara kependudukan, kendalikan lingkungan yang semakin bertumbuh mulai dari keluarga yang memiliki perencanaan," ujar Yoppi.

Kampung KB Tahun 2018 di Mitra:

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado

Gadis 15 Tahun Diperkosa dan Dikubur di Kebun usai Tolak Cinta Pria yang 20 Tahun Lebih Tua Darinya

Berita Populer