Kanal

Bupati‎ Tana Toraja Beber Strategi Cara Tarik Wisatawan ke James Sumendap

Bupati Mitra James Sumendap didampingi Kadis Pariwisata Mitra Desten Kateindago menandatangani kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Tana Toraja di bidang pertanian dengan bupatinya, Nocodemus Biringkanae. - ISTIMEWA

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Tiga daerah yang berada di pulau Sulawesi sepakat untuk bekerja sama di bidang pariwisata.

Adalah Kabupaten Minahasa Tenggara provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Toraja ‎Utara Provinsi Sulawesi Selatan, membubuhkan tanda tangan di atas nota kerja sama di dua tempat berbeda.

James Sumendap, Bupati Mitra melakukannya dengan bupati Toraja Utara Dr Kalatiku Paembonan MSi di rumah jabatan bupati dan dengan Bupati Tana Toraja Ir Nicodemus Biringkanae disaksikan Wakil Bupati Victor Datuan Batara SH, Sekretaris Daerah DR Ir Samuel Tande Bura MM serta dari Pemkab Mitra Asissten I GH Mamahir dan asissten III Piether Owu.

"Dalam mengemas daya saing punya tema Toraja yang Baik, Indah dan dihuni manusia punya etika sopan santun dan ramah," ujar bupati Tana Toraja Ir Nocodemus Biringkanae‎, Kamis (23/08/2018).

Menurut Bupati Nocodemus, hadirnya pemerintahan di Tana Toraja harus menempatkan diri untuk memberikan fasilitas.

Adapun daya saing Tana Toraja dari segi ‎produktivitas adalah kopi, tanpa meninggalkan tanaman produktivitas lain.

Selain itu, kata Nocodemus, daya saing Tana Toraja adalah pariwisatanya sudah masuk kawasan strategis pariwisata Nasional (KSPN) karena budaya dan adat istiadatnya.

"Pariwisata di Tana Toraja didorong dengan cara meningkatkan kunjungan three day, jangan hanya satu hari karena kalau mereka pulang akan bersungut-sungut tapi kalau tiga hari mereka senang dan mau kembali ke Toraja," jelasnya.

Dia menambahkan dengan pertemuan awal akan terbangun silaturahmi ke depan serta sinergitas kebijakan antara kabupaten Tana Toraja dan Minahasa Tenggara, hingga bisa berkolaborasi dibidang pariwisata.

Bupati Mitra James Sumendap yang didaulat memberikan sepatah dua kata, mengawalinya dengan perkenalan rombongan dari Pemkab Mitra serta selayang pandang tentang keberadaan Mitra.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado

Hasil Final Polling Mata Najwa di 3 Sosmed, Prabowo-Sandi Unggul dari Jokowi-Ma'ruf Amin

Berita Populer