Kanal

Hewan Kurban tak Boleh Ada Luka, Pemkab Mitra Berkurban, 17 Ekor Kambing dan 17 Ekor Sapi

Penyerahan hewan kurban dari FKUB dan panitia kurban kepada Pemkab Mitra yang langsung diteruskan ke 34 masjid se-Mitra, Sulawesi Utara. - TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Sebanyak 34 hewan kurban jenis sapi dan kambing bakal dikurbankan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, pada pelaksanaan hari raya Idul Adha (KBBI: Iduladha), Rabu (22/08/2018) besok.

"Dari 34 ekor hewan kurban, dibagi dua 17 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Untuk sapi dua diantaranya dari Provinsi Sulawesi Utara," kata Pdt Tely Lelengboto MTh MPd pelaksanaan hewan kurban pemkab Mitra.

Kegiatan kurban oleh pemkab Mitra di bawah pengawasan langsung forum kerukunan umat beragama (FKUB) Mitra.

Telah diserahkan James Sumendap Bupati Mitra diwakili Kadis Lingkungan hidup dr Tommy Soleman, M.Kes disaksikan ketua FKUB Mitra Pdt Ventje Paat MTh bersama pengurus FKUB.

Disaksikan kadis perikanan dan kelautan Mitra Ir Vecky Monigir dan Kabag Kesra Johny Kolunug, SE kepada perwakilan imam Mesjid.

"Hewan kurban ini merupakan bentuk dan wujud kepedulian Bupati Mitra kepada mereka yang membutuhkan, terutama para kaum duafa," jelas dr Tommy Soleman.

Rusli Mamonto pihak diberi mandat oleh bupati Mitra James Sumendap untuk mencari hewan kurban jenis sapi dan kambing menambahkan, untuk bajet yang disiapkan khusus untuk sapi dikisaran Rp 12 sampai Rp 13 juta.

"Hewan kurban sapi harus sudah berusia dua tahun, memiliki tanduk, bersih dari luka dan kambing minimal enam bulan dan tanduknya sudah bisa digenggam. Untuk sapi paling berat 100 kilogram,‎" urai Rusli.

Ditempat terpisah Dinas pertanian Mitra melalui bidang peternakan sudah melakukan pemeriksaan terhadap 34 hewan jenis sapi dan kambing yang akan dikurbankan.

Tak hanya berhenti disitu, pihak terkait akan turun langsung pada pelaksanaan kurban besok (hari ini), memantau proses pemotongan hewan kurban.

"Pemeriksaan kurban sudah layak untuk dikurbankan dan di konsumsi masyarakat, setelah melalui pemeriksaan oleh dokter hewan," kata Kabid Peternakan Dinas pertanian Mitra Donald Lumingkewas.(Tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer