Kanal

Rayakan HUT ke-73 RI, Warga Tahuna Serbu ‘Boulevard’ Pelabuhan Tua

Panjat pinang berhadiah masing2 Rp 9 juta, Jumat (17/08/2018) - TRIBUNMANADO/FERNANDO LUMOWA

TRIBUNMANADO.CO.ID, TAHUNA – Warga memadati area seputar Pelabuhan Tua ‘Boulevard’ Tahuna, Sangihe usai upacara peringatan HUT ke-73 RI, jajaran Pemkab Kepulauan Sangihe, Jumat (17/8/2018).

Mereka meramaikan perayaan HUT Proklamasi RI yang digelar bersamaan dengan puncak Program BUMN Hadir untuk Negeri yang dipusatkan di Tahuna.

PLN (Persero) sebagai pelaksana Program BUMN Hadir untuk Negeri di Sulut menggelar berbagai kegiatan lomba yang melibatkan masyarakat.

Ada yang jadi peserta lomba, ada yang sekadar menjadi penonton. Lomba-lomba tradisional digelar dalam rangka memaknai HUT Kemerdekaan RI.

Mulai dari lomba lari tampurung, balap karung, lari kelereng, lomba joget dan tentu saja, ikon perayaan setiap 17 Agustus, panjat pinang. Lomba yang disebut terakhir paling mendapat perhatian.

Aksi peserta yang berlomba mencapai puncak untuk menyabet hadiah dan kerap gagal karena licinnya batang pinang menghibur warga yang datang. Panitia menyediakan tiga batang pinang dengan hadiah masing-masing Rp 9 juta.

“Lomba rakyat sengaja kami gelar untuk memberi makna pada peringatan HUT Kemerdekaan RI. Semoga warga Tahuna dan sekitarnya terhibur,” kata Edison Sipahutar, GM PLN Suluttenggo didampingi Manajer Bidang SDM, Boyke Sondakh.

Tak cuma itu, kehadiran Kapal TNI AL Sangihe yang lego jangkar tepat di dermaga Pelabuhan Tua menjadi objek hiburan bagi warga. Kesempatan melihat-lihat langsung kapal tersebut tak disia-siakan para pelajar.

Petrus Pangandaheng, warga Kelurahan Soataloara Dua, Kecamatan Tahuna bangga ada perayaan tersebut. Menurutnya, sudah lama tak ada perayaan seperti itu.

“Biasanya hanya pawai pendidikan dan pembangunan. Kalau lomba-lomba di kelurahan atau kompleks saja. Itupun tak banyak. Kali ini banyak lomba, lengkap dan di satu lokasi pula,” ujar Petu, sapaannya.

Mereka naik ke kapal, keliling melihat-lihat dan tentu saja tak lupa mengabadikan momen. Ada yang selfie bahkan wefie. Tak sedikit juga kalangan PNS dan warga biasa yang berfoto dengan latar kapal tersebut.

Selain lomba-lomba tradisional tadi, ‘pesta rakyat’ BUMN Hadir untuk Negeri di Tahuna akan diwarnai festival kuliner gratis, jalan sehat dan zumba bersama serta puncaknya ialah konser kemerdekaan yang menghadirkan Bank Kotak pada Jumat malam.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer