Kanal

Gunung Payung, Negeri di Atas Awan di Ranoyapo, Suguhkan Keindahan yang Memesona

Gunung Payung, Negeri di atas awan di Ranoyapo, Minsel - ISTIMEWA

Laporan Citizen Journalism Julita Veronica Mamonto

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gunung Payung di wilayah Kecamatan Ranoyapo, Kabupaten Minahasa Selatan menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata.

Lokasi yang seolah berada di atas awan ini mampu menghipnotis mata warga yang mengunjunginya.

Untuk bisa sampai di tempat yang oleh masyarakat setempat disebut “Kuntung Payung”, pengunjung harus melewati rute yang terbilang sedikit ekstrem. Jika ditempuh dari Desa Poopo, pengunjung harus berjalan kaki dengan menempuh jarak kurang lebih 4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Julita Veronica Mamonto (ISTIMEWA)

Untuk menghemat waktu perjalanan, pengunjung bisa menggunakan kendaraan motor. Namun khusus untuk motor trail saja, itupun hanya bisa sampai di perbatasan hutan.

Selanjutnya pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dan mendaki gunung dengan kemiringan sekitar 30-45 derajat.

Untuk menikmati pemandangan bak sedang berada di atas hamparan awan, pengunjung disarankan untuk menginap semalam, dan menunggu hingga matahari terbit  pada keesokan harinya.

Cahaya matahari yang terbit dari ufuk timur seakan menjadi pelengkap keindahan negeri di atas awan itu.

Gunung Payung di Ranoyapo, Minsel (ISTIMEWA)

Meski harus melewati rute yang terbilang tidak mudah, namun itu tak menyurutkan keinginan para pengunjung yang sudah pernah menyambangi tempat ini.

Kiki Kalangi,pengunjung mengatakan saat dimintai informasi oleh penulis, menceritakan sedikit kisahnya saat berada di atas gunung payung tersebut.

“Perjalanan untuk sampai di sana memang tidak mudah, saya dan teman-teman harus melewati rute yang sedikit ekstrem, namun semua itu seakan terbayar oleh keindahan Gunung Payung yang begitu memesona”.

Gunung Payung, Ranoyapo, Minsel (ISTIMEWA)

Ia dan beberapa pengunjung lain juga berharap, bahwa nantinya tempat ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah setempat, terlebih untuk akses jalan kesana.

Keindahan gunung payung juga dinilainya nanti, akan memiliki potensi pariwisata yang baik bagi Kabupaten Minahasa Selatan, yang sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Penulis: Julita Veronica Mamonto, Mahasiswi sekaligus warga Ranoiapo.

Editor: Aldi_Ponge

Kronologi Turis Asal Norwegia Diperkosa Karyawan Vila di Bali, Berawal dari Minta Hidupkan Shower

Berita Populer