Kanal

Saksi 2 Pasangan Calon Minta Daftar Hadir Pencoblosan, Ini Kata Ketua KPU Talaud

Suasana Rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Talaud diwarnai perdebatan pada Kamis (5/7/2018). -

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Talaud diwarnai perdebatan pada Kamis (5/7/2018).

Saksi pasangan calon nomor urut dua dan saksi pasangan calon nomor urut empat mempertanyakan daftar hadir dan surat keteranganpada pencoblosan 27 Juni lalu.

Ketua KPU Talaud Velma Sumee mengatakan, agenda rapat pleno adalah rekapitulasi perhitungan suara sudah berada di KPU. Sehingga proses penghitungan suara sudah dilakukan mulai dari TPS oleh KPPS,. Rekapitulasi penghitungan suara sudah dilakukan di tingkat kecamatan.

Baca: 9 Pendemo Diamankan Polisi saat Unjuk Rasa Anarkis di KPU Talaud

Katanya, usai penetapan perolehan suara, ada waktu tiga hari bagi pasangan calon yang ingin mengajukan gugatan ke mahkamah konstitusi (MK) jika tidak ada yang mengajukan tuntutan. Maka KPU akan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Talaud terpilih.

"Kami selaku pihak penyelenggara KPU Talaud berbangga dan berterima kasih kepada keempat pasangan calon, kepada masyarakat pengguna hak pilih, karena mulai dari pencoblosan sampai dengan hari ini kita masih dalam keadaan aman dan terkendali, bahkan kita melihat sikap kenegarawan dari keempat pasangan calon dimana versi quick qount disampaikan hasilnya dapat mengucapkan selamat kepada paslon yang memperoleh suara terbanyak. Karena hasil suara KPU baru kita akan buka kotak suaranya sekarang," katanya menjelaskan.

Baca: Unjuk Rasa Anarkis di KPU Talaud, Ini Kronologi Versi Polisi

"Ini menunjukan bahwa Talaud atau Wanua Porodisa sebagai barometer perdamaian, meski keseluruhan infrastruktur demokrasi belum terbangun utuh. Saya yakin ke depan demokrasi kita akan semakin mapan dan infrastruktur, demokrasi terbangun lebih baik lagi," tambahnya.

Sumee juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara mulai dari tingkat kecamatan sampai pada tingkat KPPS. 

"Terima kasih juga kepada TNI-Polri yang sudah mengamankankan jalannya Pilkada di Talaud," tambahnya

Baca: TNI-Polri Sita 47 Sajam dari Pendemo di Depan KPU Talaud

Hingga Kamis sore, KPU Talaud masih melakukan rekapitulasi penghitungan suara. 6 Kecamatan yang sudah menyampaikan hasil rekapitulasi, masih ada 13 kecamatan yang belum.

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer