Kanal

Fête de la Musique Berlin, Warga Jerman pun Antusias Saksikan Tim Musik Asal Indonesia

Gamelan Salukat dari Bali saat mengisi acara Fete de la Musique di Berlin, Jerman, 21 Juni 2018 - citizen reporter/iwa sobara

Laporan warga, Iwa Sobara, dari Berlin, Jerman

RABU, 21 Juni 2018, ratusan kota di Eropa menggelar Fête de la Musique atau Street Music Festival, termasuk di Berlin, Jerman.

Berlin sudah menggelar festival musik jalanan ini sejak lebih dari 20 tahun lalu.

Fête de la Musique ini telah berumur 36 tahun sejak digelar pertama kali di Paris, Prancis. Menteri Kebudayaan Perancis saat itu, Jack Lang, yang menggagas acara tersebut.

Beberapa negara lain di Eropa yang menggelar acara serupa pada tahun ini, yaitu Prancis, Italia, Yunani, dan Slovenia.

Di Italia bahkan 600 kota menggelar acara street festival ini. Sekitar 28.000 musisi terlibat. Mereka adalah akademi musik, sekolah, dan paduan suara.

Secara khusus mereka diundang untuk berpartisipasi di Singalong Eropa.

Komposer dan pianis Italia, Ezio Bosso, menjadi musisi utama tahun di acara Fête de la Musique di Italia.

Ia menginterpretasikan lagu "Ode to the Joy" dengan Giovanile Orchestra Italiana sebagai bagian dari aksi Singalong di Roman Theater Fiesole di Toskana.

Di Jerman, selain selain Berlin, pada tahun ini ada 50 kota yang menggelar Fête de la Musique. Di Berlin, Fête de la Musique dapat ditonton di lebih 100 titik lokasi.

Berbagai pertunjukan musik selama sehari penuh digelar di berbagai sudut kota. Mulai taman-taman kota hingga pusat-pusat keramaian kota lainnya.

Halaman
1234
Editor: Edi Sukasah

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer