Daerah

Semua Fraksi Menerima Ranperda Penyertaan Modal PD Pasar Kota Tomohon

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri Pemandangan Umum Fraksi tentang Rancangan Peratur

Semua Fraksi Menerima Ranperda Penyertaan Modal PD Pasar Kota Tomohon
istimewa
Walikota Tomohon Jimmy F Eman bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri Pemandangan Umum Fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Walikota Tomohon Jimmy F Eman bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri Pemandangan Umum Fraksi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Penyertaan Modal Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Tomohon.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor DPRD Kota Tomohon, Selasa (7/5/19).

"Seluruh Fraksi di DPRD Kota Tomohon menerima dan menyetujui ranperda untuk dibahas selanjutnya," kata kasubag pemberitaan humas pemko Tomohon Djufri Rorong

Tampak hadir, seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Dalam penjelasannya, Eman menyampaikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 78, pemerintah daerah dapat melakukan penyertaan modal pada BUMD dan/atau BUMN.

"Selanjutnya diatur bahwa jumlah yang akan disertakan dalam tahun anggaran berkenaan harus telah ditetapkan dalam PERDA," ujarnya.

Ia mengatakan tujuan penyertaan modal pemerintah daerah pada perusahaan daerah pasar adalah pertama: meningkatkan kinerja PD pasar, sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Kedua: meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian daerah.

"Ketiga meningkatkan pendapatan asli daerah dan keempat mengoptimalkan pendayagunaan barang milik daerah. selanjutnya penyertaan modal pemerintah daerah pada perusahaan daerah pasar diberikan dalam bentuk barang milik daerah berupa tanah dan/atau bangunan serta selain tanah dan/atau bangunan yang dimaksudkan selain tanah dan/atau bangunan adalah berupa peralatan dan/atau mesin," katanya.

Ia mengatakan nilai penyertaan modal pemerintah daerah pada PD Pasar berupa barang milik daerah yang dinilai dengan uang sampai dengan 31 desember 2017, sebesar Rp. 10.518.418.797.

Nilai penyertaan modal pemerintah daerah tersebut berdasarkan pada neraca pemerintah daerah Kota Tomohon yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Adapun penambahan penyertaan modal pemerintah daerah kepada perusahaan daerah pasar berupa bangunan yang dinilai dengan uang sebesar Rp. 14.740.546.000.

Penilaian bangunan sebagaimana dimaksud diatas dilakukan oleh instansi yang berwenang yaitu kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Untuk memenuhi salah satu tujuan pemberian penyertaan modal pemerintah daerah ini yaitu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dalam rancangan peraturan daerah ini diatur juga mengenai bagian laba/deviden.

"Dimana pemerintah daerah sebagai pemberi penyertaan modal berhak memperoleh bagian laba / deviden sebesar 15 persen per tahun sebagai pendapatan asli daerah yang disetorkan ke kas daerah hal tersebut diatas juga merupakan salah satu tanggung jawab dari direksi perusahaan daerah pasar, untuk dapat memberikan kontribusi tetap tahunan kepada pemerintah daerah sebagai pendapatan asli daerah," ujarnya. (tribunmanado.co.id: David Manewus)

Penulis: David_Manewus
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved