Berita Bolmong

Peringati HKB, BPBD Bolmong Gelar Simulasi Evakuasi Korban Bencana

Pemperingati HKB 2019, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menyelenggarakan Apel dan simulasi

Peringati HKB, BPBD Bolmong Gelar Simulasi Evakuasi Korban Bencana
istimewa
Apel BPBD Bolmong 

TRIBUNMANADO.CO.ID,LOLAK - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2019, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menyelenggarakan Apel Siaga dan Simulasi Evakuasi Korban Bencana, di lapangan kantor bupati Bolmong, Jumat (26/04/2019),

Setiap tanggal 25 April ditetapkan Hari Kesiapsiagaan Bencana berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Adapun Tema HKB Tahun 2019 adalah Perempuan sebagai Kesiapsiagaan dan Rumah sebagai Sekolahnya.

Kalaksa BPBD Bolmong Bapak Haris Dilapanga menyampikan, perempuan dan ibu dipilih karena memiliki sifat melindungi, aktif dalam kelompok sosial dan komunitas juga sebagai sosok pembelajar.

"Selama ini Perempuan termasuk salah satu kelompok yang paling banyak menjadi korban bencana karena kurangnya pemahaman akan risiko dan besarnya keinginan mereka untuk menolong keluarganya, namun belum memiliki kapasitas yang memadai," jelasnya.

Yang bertindak selaku Inspektur Apel Siaga adalah Asisten I, Bapak Derek Panambunan yang mewakili Bupati Bolaang Mongondow.

Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut BPBD, Basarnas, TNI, Polri, Instansi Terkait (Tagana Dinsos, Dinas PU dan PR, Dinas Perkim, Satpol PP & Damkar, Dishub), Linmas dan pada relawan.

Dalam kegiatan ini juga, tim melakukan latihan evakuasi saat terjadi bencana guna memberikan pemahaman ketika ada kejadian apa yang harus dilakukan. (Tribunmanado.co.id/Maikel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Vendi Lera
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved