Nasional

AJI Beri Raport Merah Kepada DKI Jakarta Terkait Keterbukaan Informasi Publik

Peneliti Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Mawa Kresna mengungkapkan pihaknya memberikan nilai merah kepada Pemprov DKI Jakarta

AJI Beri Raport Merah Kepada DKI Jakarta Terkait  Keterbukaan Informasi Publik
KOMPAS.COM/MAULANA MAHARDHIKA
DKI Jakarta 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Peneliti Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Mawa Kresna mengungkapkan pihaknya memberikan nilai merah kepada Pemprov DKI Jakarta terkait keterbukaan informasi publik.

Mawa Kresna menjelaskan, dengan menggunakan metode the Freedom Of Information Advocates Network (FOIAnet) ada tiga penilaian yang dilakukan, yakni proactive disclosure, institutional measures, dan processing request.

Pada penilaian pertama proactive disclosure, Pemprov DKI mendapat rapor kuning dengan skala nilai 33 hingga 66.

Kresna menyebut dalam hal ini tidak ada kepastian siapa yang menjadi penanggung jawab.

"Soal proactive disclosure apakah lembaga membuka infomasi, siapa yang bertanggung jawab, apakah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ada, kontaknya ada. Di Pemprov DKI tidak sepenuhnya komplet juga, ternyata tidak ada patokan siapa yang bertanggung jawab," ujar Kresna saat dihubungi, Kamis (25/4/2019).

Kemudian indikator institutional measures, merupakan mengukur bagaimana penerapan pemenuhan hak publik atas informasi serta pengawasan oleh oversight body.

Kresna menuturkan, dalam hal ini Pemprov DKI mendapat rapor merah karena nilainya di bawah 33.

"Patokannya adalah ada tidaknya petugasnya yang jaga di sana. Siapa yang bertanggung jawab juga kami tidak dapat itu," kata Kresna.

Terakhir adalah indikator processing request yang merupakan mengukur respon dan tindak lanjut atas permohonan informasi.

Lagi-lagi dalam hal ini Pemprov DKI kembali mendapat rapor merah.

Halaman
12
Editor: Vendi Lera
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved