Bolsel

Ketua Bawaslu Sulut Cek Persiapan Pleno Rakapitulasi Tingkat Kabupaten Bolsel

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Herwin Malonda mengecek langsung persiapan Pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu

Ketua Bawaslu Sulut Cek Persiapan Pleno Rakapitulasi Tingkat Kabupaten Bolsel
tribunmanado.co.id/Nielton Durado
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Herwin Malonda mengecek langsung persiapan Pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten, Selasa (24/4/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLAANG UKI - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Herwin Malonda mengecek langsung persiapan Pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten, Selasa (24/4/2019).

Setibanya di Bolsel, Malonda yang dijemput oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Bolsel, Monita Momodompit dan Kifli Yudi Malonda serta Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi.

Dia langsung memantau proses pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilu 2019 Kecamatan Bolaang Uki yang dilaksanakan di Gedung Lantai 1 Gudang KPU Bolsel, Desa Pintadia, Kecamatan Bolaang Uki.

"Tujuan utama kami adalah untuk melihat pelaksanaan rekap di tingkat PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan kesiapan rekap di tingkat kabupaten," tutur Malonda.

Setelah melihat langsung proses rekap ditingkat PPK Bolaang Uki, Ketua Bawaslu Sulut ini langsung memantau lokasi yang dipersiapkan untuk pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten (KPU) di Gedung Gren Fajar Soguo, Kecamatan Bolaang Uki.

"Tempat ini cukup representatif. Tinggal pengaturan saja. Yang jelas harus ada perangkat elektronik seperti LCD, sound sistem dan lainnya," sebut Malonda.

Selain itu, tambahnya, di lokasi pleno (KPU) harus ada tempat khusus ruang pelaporan.

"Sebaiknya ruang khusus itu ada seputaran lokasi ini. Disitu akan ditempati Bawaslu untuk melayani laporan-laporan yang ada. Harus dekat. Misalnya jika nantinya ada perbedaan hasil bisa diselesaikan dengan cepat," terangnya.

Di sisi lain, untuk pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten Malonda mengisyaratkan digelar pada Tanggal 4 Mei 2019 mendatang.

Ia menegaskan bahwa untuk Bolsel sampai saat ini belum ada Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Kalau Bolsel, sesuai laporan dari Bawaslu Kabupaten paling menonjol hanya penghitungan ulang beberapa TPS (tempat pemungutan suara). Kecuali di daerah lain ada beberapa yang PSU," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bolsel, Stanly Eskolano Kakunsi mengatakan, untuk progress (perkembangan) rekapitulasi kecamatan, dari tujuh kecamatan sudah empat kecamatan yang selesai.

"Kemarin tiga kecamatan (Pinolosian Timur, Helumo dan Tomini). Laporan terakhir Pinolosian Tengah sudah selesai hari ini. Mungkin akan menyusul satu dua hari ini Kecamatan Pinolosian Induk," akunya.

Lanjutnya, pihaknya akan berupaya sebelum 4 Mei 2019 semua kecamatan bisa selesai.

"Ada dua kecamatan (Bolaang Uki dan Posigadan) yang agak lama karena banyak desa dan paling banyak TPS. Tapi, semoga saja semuanya berlangsung lancar," kuncinya. (Nielton Durado)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved