Kanada Kirim 100 Lebih Kontainer Sampah ke Filipina, Duterte: Saya Akan Tumpahkan di Kedubes Kanada!

Lebih dari 100 kontainer sampah yang dikira sampah plastik dikirim dari Kanada ke Filipina dari tahun 2013 hingga 2014 membuat Presiden Duterte marah.

Kanada Kirim 100 Lebih Kontainer Sampah ke Filipina, Duterte: Saya Akan Tumpahkan di Kedubes Kanada!
Radio VL
Presiden Filipina Rodrigo Duterte 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte marah. Ia mengancam akan memulangkan sampah ke Kanada dan menumpahkan sebagian di antaranya di kedubes Kanada di Manila.

Warta Voice of America, Rabu (24/4/2019), menyebut, Duterte yang berang akan mengambil langkah itu jika para pejabat Kanada tidak membawa pulang sampah yang menurut para pejabat Filipina secara ilegal dikirimkan ke negara itu beberapa tahun lalu.

Dalam pernyataannya, Selasa (23/4/2019) malam, Duterte mengatakan, “Saya ingin sebuah kapal disiapkan. Saya mungkin akan mengeluarkan peringatan untuk Kanada pekan depan agar mereka mengambil kembali apa yang mereka buang atau saya akan memerintahkan sebuah kapal berlayar ke Kanada dan menumphakan sampah di sana."

Lebih dari 100 kontainer berisi sampah rumah tangga, termasuk botol dan kantung plastik, surat kabar dan popok bekas, dikapalkan secara bertahap dari Kanada ke Filipina dari tahun 2013 hingga 2014.

Sejumlah pejabat Filipina mengatakan, perusahaan swasta Kanada yang menangani pengiriman sampah tersebut dengan sengaja memalsukan sampah rumah tangga itu sebagai sampah plastik yang bisa didaur ulang.

Sejumlah kontainer sampah dari Kanada ini masih teronggok di pelabuhan Manila. Filipina menyatakan sampah yang dikirim Kanada itu mencapai sekitar 2.450 ton.

Filipina sebelumnya telah meminta Kanada mengenyahkan sampah itu selama bertahun tahun.

PM Kanada Justin Trudeau mengatakan, ia sedang berusaha keras mencari solusi atas masalah itu. (*)

Baca: Bomber Gereja Sir Lanka Lulusan Sarjana Inggris dan S2 Australia

Baca: 10 Ribu Tambahan Kuota Jemaah Haji Indonesia Tak Pengaruhi Layanan di Arab Saudi

Baca: Berhati Mulia, Luna Maya Angkat 7 Anak dan Janji Kuliahkan hingga Sarjana

Sumber: VOA

Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved