PDIP Sapu Bersih 11 Daerah di Sulut, Golkar Klaim Juara Kedua

PDIP semakin kukuh berkuasa di Sulawesi Utara! Selain memenangkan kontestasi DPR RI dan DPRD Provinsi Sulut, partai berlambang banteng

PDIP Sapu Bersih 11 Daerah di Sulut, Golkar Klaim Juara Kedua
ISTIMEWA
Gubernur Olly dan Bupati Tetty Bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – PDIP semakin kukuh berkuasa di Sulawesi Utara! Selain memenangkan kontestasi DPR RI dan DPRD Provinsi Sulut, partai berlambang banteng moncong putih ini menyapu bersih perolehan suara Pemilu 2019 di 11 kabupaten dan kota.

Pada Pemilu Legislatif memperebutkan 6 kursi DPR RI, 3 kursi sudah di tangan. PDIP menanti perebutan kursi ke-4. Pileg DPRD Sulut, partai yang dipimpin Olly Dondokambey ini berpeluang memperoleh 18-19 kursi. Klaim paling fantastis terkait pertarungan pileg di 15 kabupaten dan kota. PDIP berhasil memenangkan kontestasi di 11 kabupaten dan kota.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulut, Olly Dondokambey mengatakan, hasil yang dipegang PDIP sesuai data form C1 yang masuk ke internal partai. "Kita masih kumpulkan terus data, sudah 50 persen masuk, tapi sementara ini 4 nama yang muncul," kata dia kepada wartawan usai sidang paripurna DPRD Sulut, Selasa (23/4/2019).
Empat nama dimaksud, Adriana Dondokambey, Herson Mayulu, Vanda Sarundajang dan Jantje Wowiling Sajouw.

Olly secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus selamat kepada Herson Mayulu. Itu disampaikan Olly yang juga Gubernur Sulut ketika melantik Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Dedy Abdul Hamid di Ruang Sidang Paripurna Gedung Cengkih, DPRD Sulut, kemarin.

Herson, mantan Bupati Bolsel, mengundurkan diri karena maju menjadi caleg DPR RI dari PDIP. Ia juga turut hadir dalam proses pelantikan dan pengambilan sumpah. Proses pelantikan Wabup Bolsel ini tak lepas dari peran Herson.

"Terima kasih ke Pak Herson. Saya sendiri meminta Pak Herson mundur dari bupati untuk menjadi caleg DPR RI, ternyata Tuhan meridai," ujar Olly. Target PDIP di DPR RI akhirnya tercapai juga atas peran Herson. "Pak Herson tercapai, kader yang kita banggakan. Bukan hanya mementingkan kepentingan pribadi, tapi melihat kepentingan daerah," kata Gubernur.

Wakil Ketua DPD PDIP Sulut, Steven Kandouw menegaskan, PDIP berhasil memenangkan pileg di 11 kabupaten dan kota. Itu menandai PDIP akan memimpin mayoritas DPRD di Sulut.

"Jadi PDIP itu akan dapat 11 ketua DPRD kabupaten/kota," ungkap Mantan Ketua DPRD Sulut. Paling fenomenal kemenangan PDIP di Kota Manado. Partai berlambang banteng ini meraup 11 kursi. PDIP diprediksi meraih 11 kursi untuk DPRD Manado.

Raihan ini jauh melebihi pileg sebelumnya dimana partai berlambang banteng ini hanya meraih 6 kursi. Lewat penelusuran dari berbagai sumber, tribunmanado.co.id memperoleh susunan caleg jadi PDIP di lima dapil.

PDIP meneguhkan diri sebagai juara pileg di Kota Bitung. Hasil perolehan suara partai berlambang banteng ini ini meraup 23.574 suara.
Sekretaris DPC PDIP Bitung, Aldo Nova Runtungalo didampigi Wakil Sekretaris DPC Bitung sekaligus Ketua Tim data Rizal Lumombo mengungkapkan, dengan perolehan suara tersebut PDIP berhasil memperoleh 9 kursi di DPRD Kota Bitung.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved