Begini Kekuatan Politik di Sulut Menurut Analis dari Unsrat

Pengamat politik dari Unsrat, Max Rembang menilai ada kecenderungan secara makro, partai pendukung utama calon presiden nomor urut 01

Begini Kekuatan Politik di Sulut Menurut Analis dari Unsrat
TRIBUNMANADO/ANDREW PATTYMAHU
Pengamat Politik Sulut, Max Rembang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengamat politik dari Unsrat, Max Rembang menilai ada kecenderungan secara makro, partai pendukung utama calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo terlihat lebih menonjol. Khusus di Sulut, yakni PDIP.

Peta kontestasi DPRD Sulut sedikit berubah. PDIP tetap dominan, berbeda dengan Gerindra yang tahun 2014 leading, kini merosot. Justru partai baru yang menonjol. Saat ini, Partai Nasdem, pendatang baru yang cukup signifikan.

Pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah saat ini ditentukan oleh sifat pemilih. Pemilih rasional, menentukan pilihan berdasarkan misalnya kinerja dan track record.

Ia mencontohkan, Jokowi, track record bersih, bebas korupsi. Di pilgub pun figur yang punya rekam jejak dan program bagus paling berpeluang dipilih pemilih rasional.

Di Sulut ini juga nampaknya pemilih tradisional masih menonjol. Pemilih tradisional masih mengakar di PDIP dan Golkar. Khusus PDIP, pemilih tradisional masih konsisten dan cenderung meningkat.

Tapi di Pileg 2019, cenderung pemilih pragmatis cukup mendominasi peta politik. Pemilih yang memilih berdasarkan take and give. Hasil pilgub juga ditentukan siapa berkuasa di mana?

Jabatan wali kota dan bupati berpengaruh terhadap perolehan suara partai yang menaunginya. Tapi ada kasus khusus Manado, meski kepala daerahnya Nasdem tapi Demokrat masih bertahan, justru PDIP melejit.

Tiga partai di Pileg 2019 yang cukup menonjol yakni PDIP, Nasdem dan Golkar. PDIP diprediksi jadi juara Pileg 2019 hampir pasti bisa mengusung calon sendiri.
Kemudian menyusul Nasdem dan Golkar punya peluang mengusung. Justru Gerindra yang agak melorot.

Menanjak di 2014, kemudian melorot di 2019. Ini fenomena karena kecintaan rakyat Sulut ke Jokowi , kader Gerindra dapat imbasnya. Jika melihat konstalasi, parpol ini yang kemungkinan bisa mengusung calon gubernur. (ryo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved