PDIP Sulut Berpeluang Raih 4 Kursi DPR RI: Begini Kata Analis Politik

PDIP menargetkan 4 dari 6 kursi DPR RI Dapil Sulut. Jika benar terwujud maka pencapaian itu bisa dikatakan fantastis. PDIP sejak awal optimistis

PDIP Sulut Berpeluang Raih 4 Kursi DPR RI: Begini Kata Analis Politik
tribun manado/ryo noor
Pengamat Politik Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PDIP menargetkan 4 dari 6 kursi DPR RI Dapil Sulut. Jika benar terwujud maka pencapaian itu bisa dikatakan fantastis. PDIP sejak awal optimistis 3 kursi DPR RI sudah di tangan, itu pun diperoleh bukan hal yang mudah.

Taufik Tumbelaka, pengamat politik mengatakan, PDIP memang punya potensi untuk itu, faktor pertama line up caleg DPR RI sangat bagus. Pesaing PDIP dengan line up yang cukup bagus, yakni Nasdem dan Golkar.

Kedua, PDIP punya momentum faktor Jokowi yang menang besar di Sulut. Faktor Jokowi muncul terus dikawal PDIP, di sini Olly Dondokambey sebagai Ketua DPD PDIP Sulut memainkan peran bagus.

Ketiga, konektivitas caleg antartingkatan pileg. Ada koneksi antara caleg PDIP di tingkat provinsi dan kabupaten/kota kemudian mendukung caleg DPR RI. Selain itu, caleg provinsi dan kabupaten/kota juga punya line up yang bagus.

Line up ini berpengaruh mengarahkan perolehan suara calon utama PDIP ke DPR RI. Perolehan suara caleg di bawah, terasa ke perolehan suara caleg di tingkatan atas. Strategi ini yang tak dimiliki partai pesaing.

Keempat, satu lagi nama yang santer memperoleh suara signifikan yakni Vanda Sarundajang. Vanda mengusung marga Sarundajang, bukan nama kosong. Tapi masih berpengsruh setelah SH Sarundajang sang ayah memimpin Sulut 10 tahun.
Sarundajang mengusung misi pamor marga Sarundajang di kancah politik Sulut.

Pertaruhan terakhir, ketika tiga nama Sarundajang tenggelam Eva tak lagi nyaleg di DPRD Sulut, Fabian tak ikut pertarungan DPD RI, dan Ivan yang kandas di Pilkada Minahasa. Otomatis tinggal Vanda.

Kelima, strategi lain yang tak dimiliki partai lain selain PDIP yakni memaksimalkan meraup suara muslim di Sulut. Suara pemilih ini mencakup 30 persen. Pileg lalu tak dimaksimalkan PDIP, tapi di Pemilu 2019 PDIP mengusung Herson Mayulu.

Herson sampai rela menanggalkan jabatan Bupati Bolsel tentu ada kalkulasi tersendiri di baliknya. Keenam, PDIP menerapkan sistem poltiik modern menggunakan survei. Survei menggambarkan peta kekuatan dan probabilitas atau peluang.

Ketujuh, faktor kader PDIP sebagai kepala daerah juga berperan penting. Kedelapan faktor eksternal, pesaing PDIP seperti Nasdem dan Golkar gagal memaksimalkan kekuatan. Lemahnya mengelola organisasi dan manajemen mesin partai. Jika terwujud PDIP 4 kursi DPR RI maka ini fantastis. (ryo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved