Jeirry Sumampow Cs Minta Stop Klaim Menang Pilpres: Rakyat Bingung

Koalisi Masyarakat Sipil menilai saling klaim menang Pilpres 2019 oleh kubu paslon nomor urut 01 Joko Widodo- Ma’ruf Amin dan paslon nomor urut 02.

Jeirry Sumampow Cs Minta  Stop Klaim Menang Pilpres: Rakyat Bingung
Jeirry Sumampow
Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Damai dan Berkeadaban menggelar konferensi pers terkait pernyataan sikapnya di Aula Ahmad Dahlan, Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng 32, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Damai dan Berkeadaban menilai saling klaim menang Pilpres 2019 oleh kubu paslon nomor urut 01 Joko Widodo- Ma’ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah membuat rakyat Indonesia bingung.

Saling klaim kemenangan muncul di tengah proses rekapitulasi penghitungan suara yang masih berlangsung.

Koalisi Masyarakat Sipil menyatakan sikapnya di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng 32, Jakarta Pusat pada Minggu (21/4/2019).

Koalisi Masyarakat Sipil terdiri dari Ketua Umum PP Muhammadiyah Sunanto, Dirut Perludem Titi Anggraini, Dirut Pusako Universitas Andalas Feri Amsari, Pengamat Politik Explosit Strategic Arif Susanto, Mantan Komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay.

Kemudian Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampow, Dirut Para Syndicate Ari Nurcahyo, Ketua Institut Hijau Indonesia Chalid Muhammad, Ketua Formappi Lucius Karus, Ketua Kode Inisiatif Veri Junaidi, Mantan Komisioner Bawaslu Wahidah Suaib, Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti.

Berikut pernyataan sikap yang disampaikan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Damai dan Berkeadaban kepada para elite politik dan penyelenggara Pemilu 2019 melalui rilis ke Tribunmanado.co.id, Minggu (21/4/2019).

Pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serentak pada 17 April 2019 telah selesai diselenggarakan. Indonesia menandai babak baru perjalanan demokrasi elektoralnya dengan menyelenggarakan pemilu untuk memilih lima posisi sekaligus secara bersamaan pada waktu dan TPS yang sama.

Pemilih menunjukkan antusiasmenya yang sangat luar biasa. Mereka bersemangat datang ke TPS untuk memberikan suaranya di lima surat suara presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota. Apresiasi kita semua untuk seluruh rakyat Indonesia, penyelenggara, peserta pemilu, dan seluruh elemen bangsa yang sudah jadi bagian dari kerja besar Pemilu 2019.

Namun, dinamika pemilu nampaknya belum selesai. Di tengah proses rekapitulasi penghitungan suara yang masih berlangsung, muncul pernyataan kemenangan untuk kelompoknya masing-masing. Akibatnya ada keraguan, kebingungan, dan pertentangan di antara sesama warga.

Sehubungan itu, kami kelompok masyarakat sipil menyatakan sikap sebagai berikut:

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved