Prabowo Kuasai Suara 19 Provinsi, tapi Jokowi Menang, Kenapa?

Prabowo Subianto kuasai suara provinsi, tapi kenapa Jokowi menang? Ternyata ini provinsi "penyelamat".

Prabowo Kuasai Suara 19 Provinsi, tapi Jokowi Menang, Kenapa?
CHARTA POLITIKA
Hasil quick count Pilpres 2019 oleh Charta Politika. Pasangan Capres dan Cawapres RI nomor urut 01, Jokowi dan Maruf Amin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Prabowo Subianto kuasai suara provinsi, tapi kenapa Jokowi menang? Ternyata ini provinsi "penyelamat".

Direktur Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan, suara pemilih dari Jawa Barat menjadi penyelamat bagi pasangan Capres dan Cawapres RI nomor urut 01, Jokowi dan Maruf Amin sehingga perolehan suaranya unggul pada hasil Pilpres 2019.

Andai basis suara Jokowi - Maruf Amin di Jawa Barat tak mampu dijaga dan dijebol rival seperti di provinsi lain, maka pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang akan unggul dalam perolehan suara Pilpres 2019.

“Jabarlah yang menjadi benteng penyelamat kemenangan Jokowi - Ma'ruf dalam Pilpres 2019, karena seandainya Jabar jebol, maka ceritanya akan lain," kata Muhammad Qodari melalui siaran pers Sahabat Rakyat Indonesia, tim pemenangan Jokowi - Maruf Amin, Kamis (18/4/2019).

Di Jawa Barat, jumlah pemilih mencapai 33 juta sehingga jadi rebutan bagi para kontestan.

Melihat angka itu, peningkatan perolehan suara Jokowi - Maruf Amin di Jawa Barat menjadi sangat penting dalam mendongkrak perolehan suara secara nasional.

“Untung Jabar bisa dijaga sehingga tidak jebol”, kata Muhammad Qodari.

Hasil quick count atau Hitung Cepat yang digelar lembaga survei Charta Politika dengan data masuk 99,30 persen, Jokowi - Maruf Amin unggul 54,34 persen, sedangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hanya memeroleh 45,66 persen suara.

Dari hasil quick count oleh Charta Politika, diketahui ada 7 wilayah dimana suara Jokowi yang memang kalah pada Pilpres 2014 semakin tergerus besar dan semakin menambah suara bagi Prabowo Subianto.

Seperti Aceh, pada Pilpres 2014 Jokowi masih memperoleh suara 45,61 persen, pada Pilpres 2019, hanya tersisa 10,44 persen.

Halaman
1234
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved