PDIP Sulut Borong 4 Kursi DPR RI: AJP Berpeluang dari Golkar

Siapa pemilik enam kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara baru akan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada akhir Mei.

PDIP Sulut Borong 4 Kursi DPR RI: AJP Berpeluang dari Golkar
Tribun manado / ferdinand ranti
Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Siapa pemilik enam kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara baru akan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada akhir Mei. Namun estimasi perolehan kursi Senayan berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) sejumlah lembaga menunjukan juara ‘bertahan’ PDIP masih unggul di Bumi Nyiur Melambai.

Banteng moncong putih diperkirakan bisa memperoleh 4 kursi ke Senayan. Sisanya 2 kursi lagi diperebutkan Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, Demokrat dan PAN. Adriana Dondokambey, Herson Mayulu, Jantje Sajouw dan Vanda Sarundajang bakal mengisi 4 kursi DPR RI dari PDIP.

Adrian Jopie Paruntu dan Jerry Sambuaga berhak atas perolehan kursi dari Golkar. Kemudian Hillary Lasut dan Felly Runtuwene akan memperebutkan 1 kursi dari Nasdem. Konstelasi ini masih berpeluang berubah, menunggu hasil hitungan resmi dari KPU.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulut, Olly Dondokambey optimistis PDIP juara di Sulut. "Perhitungan kita PDIP bisa mencapai 4 kursi (DPR RI)," kata dia, Kamis (18/4/2019). PDIP mengajukan, 6 nama sesuai jumlah kursi, yakni Adriana Dondokambey, Herson Mayulu, Jantje Sajouw, Djenri Keintjem, Vanda Sarundajang dan Jefry Wurangian.

Pada Pileg 2014, PDIP mengamankan 2 kursi DPR RI. Tak hanya DPR RI, Olly juga menegaskan kemenangan PDIP di DPRD Sulut. Ia optimistis PDIP meraih 19 kursi parlemen di Gedung Cengkih, Kairagi Manado. "DPRD Provinsi kita bisa 19 kursi dari Dapil Manado bisa 4 (kursi)," kata dia.

Pemilihan DPRD Sulut terdiri dari 6 dapil dibagi menjadi Dapil I Manado, Dapil II Minut-Bitung, Dapil III Nusa Utara, Dapil IV Bolmong Raya, Dapil V Minsel-Mitra dan Dapil VI Minahasa Tomohon. Total ada 45 kursi DPRD yang diperebutkan. PDIP masih jadi penguasa DPRD Sulut dengan perolehan kursi Pileg 2014 dengan 13 kursi.

"Terima kasih kepada masyarakat Sulut sudah berpartisipasi ambil bagian menyukseskan Pemilu 2019," kata Olly yang juga Gubernur Sulut ini. Ia bersyukur capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin bisa meraih suara tertinggi di Sulut. "Ini berkat doa dan dukungan masyarakat Sulut sehingga bapak Jokowi-Ma'ruf bisa meraih suara tertinggi," katanya.

Olly juga tak lupa ucapkan selamat merayakan Jumat Agung dan menyambut Paskah. "Selamat menyambut Paskah dan terima kasih kepada masyarakat Sulut sehingga pemilu berjalan dengan baik," katanya. Gubernur menyambut Jumat Agung bersama ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulut melalui ibadah syukur, Kamis kemarin.

Partai Golkar Sulut hampir dipastikan mengirim satu politisi ke Senayan periode 2019-2024. Adrian paling berpeluang. Caleg ini memperoleh suara paling banyak. Kabupaten Minsel menjadi daerah pendulang suara terbanyak. Informasi AJP meraih 60 ribu suara di Minsel. "Kemenangan ini harus dikawal bersama, teman-teman saksi, pengurus dan pendukung harus kawal bersama. Kita masih menunggu data yang masuk, kita optimis Golkar bisa meraih 2 kursi," ujar Feryando Lamaluta, Wakil Ketua Organisasi DPD I Golkar Sulut, Kamis (18/4/2019).

Wakil Ketua DPD PG Sulut Arther Wuwung memastikan Adrian akan duduk sebagai DPR RI kursi pertama dari Golkar Sulut karena melihat perolehan suara yang cukup signifikan. "Bukan hanya di Minsel tapi juga di daerah luar daerah," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved