TGB Sebut Semua Lembaga Survei Kredibel: Tak Usah Reaksi Berlebihan

Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang ( TGB) menilai semua lembaga survei yang ikut dalam proses hitung cepat Pilpres 2019 memiliki kredebilitas.

TGB Sebut Semua Lembaga Survei Kredibel: Tak Usah Reaksi Berlebihan
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi di Gedung PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Koordinator Bidang Keumatan DPP Golkar Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang ( TGB) menilai semua lembaga survei yang ikut dalam proses hitung cepat Pilpres 2019 memiliki kredebilitas.

Ia meminta seluruh pihak tidak berlebihan dalam menyikapi hasil hitung cepat.

"Saya pikir semua lembaga survei kredibel ya. Yang melakukan quick count itu kan sepakat bahwa pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang," ujar TGB saat ditemui di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Rabu (17/4/2019).

TGB menuturkan, sebagian besar lembaga survei yang melakukan hitung cepat tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Untuk itu, ia mengimbau seluruh pihak tidak bereaksi berlebihan dengan hasil tersebut, baik dari pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Mari kita sikapi dengan tidak berlebihan ya. Sebagaimana kita lihat tidak ada euforia apapun dari Pak Jokowi-Ma'ruf. Kita tidak ada euforia apapun, semua bersyukur melihat hasil itu," jelasnya.

Namun demikian, meskipun hasilnya masih sementara, TGB yakin hasil resmi rekapitulasi KPU tidak jauh berbeda dengan lembaga survei.

Seperti diketahui, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut ada upaya provokasi dan penggiringan opini dari sejumlah lembaga survei yang menyatakan dirinya dan pasangannya, Sandiaga Uno, tertinggal dari pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ia bahkan menyebut lembaga-lembaga survei tersebut bekerja untuk pihak tertentu untuk membuat dirinya tampak kalah dalam proses hitung cepat suara atau quick count.

"Saya tegaskan di sini, kepada rakyat Indonesia bahwa ada upaya dari lembaga-lembaga survei tertentu yang kita ketahui sudah bekerja untuk satu pihak untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah," katanya di Rumah Kertanegara, Rabu (17/4/2019) sore.

BERITA TERPOPULER:

Baca: Guru Honorer Sudah 4 Kali Berhubungan Intim dengan Pelaku, Aksi ke-4 Kali Ternyata Berujung Maut!

Baca: Siswa SD Kelas 6 dan Siswa SMP Perkosa Siswi SMA hingga Hamil

Baca: Fakta Baru Gadis Manado Ditikam Pacar saat Pesta Miras Bersama, Lindungi Teman hingga Rencana Nikah

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul TGB: Semua Lembaga Survei Kredibel, Tak Usah Reaksi Berlebihan

 
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved