PLN Suluttenggo Jamin Pasokan Listrik Selama Pemilu Aman, Surplus Daya 90 MW

Pada saat masa kampanye, masa tenang, hari pencoblosan dan rekapitulasi pasokan terjaga

PLN Suluttenggo Jamin Pasokan Listrik  Selama Pemilu Aman, Surplus Daya 90 MW
tribun manado/fernando lumowa
Manajer PLN UP3 Manado, Kuswantono (tengah) memeriksa motor petugas pelayanan teknik dalam Apel Siaga Pasukan PLN UP3 Manado dalam rangka Pemilu, Senin (15/4/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Selama pelaksanaan pemilu mendatang, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo memberikan jaminan pasokan listrik aman.

PLN mengerahkan ratusan personel yang tersebar di seluruh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) untuk siaga 24 jam sejak masa tenang hingga rekapitulasi pemungutan suara.

Terkait itu, PLN menjamin ketersediaan daya listrik. Cadangan daya di Sistem Kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo saat ini cukup.

Manajer PLN UP3 Manado, Kuswantono mengatakan, sudah dipastikan sebelumnya dalam rapat koordinasi internal dengan sejumlah Unit PLN terkait, daya tersedia Sistem SulutGo lebih dari beban puncak.

Katanya, Daya Mampu sistem SulutGo sebesar 451 MW dan Beban Puncak Malam di kisaran 358 MW.

"Maka ada surplus daya sekitar 93 MW," ujar Kuswantono usai Apel Siaga Pasukan PLN UP3 Manado dalam rangka Pemilu, Senin (15/4/2029).

Selain itu, PLN telah melaksanaka sejumlah kegiatan pemeliharaan jaringan jauh hari sebelumnya. "Hal ini kami lakukan untuk meminimalisir gangguan dan memastikan keandalan pasokan listrik selama masa Pemilu 2019," katanya.

Sementara itu, PLN UP3 Manado menjamin keandalan pasokan listrik dengan mengerahkan sedikitnya 450 personel. "Kami akan siaga 24 jam sejak masa tenang hingga rekapitulasi perhitungan suara," ujar Kuswantono, Manajer PLN UP3 Manado usai Apel Siaga Pemilu, Senin (15/4/2019).

Menurutnya, sekiranya terjadi gangguan pada sistem transmisi maupun distribusi, PLN menyiapkan cadangan genset di kantor KPU Provinsi Sulawesi Utara dan 7 kabupaten kota.

PLN mengerahkan 64 petugas piket siaga, petugas pelayanan teknik, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Menengah (PDKB-TM) ditopang oleh 300-an personel dari perusahaan mitra pekerjaan jaringan SUTR/SUTM dan gardu PLN UP3 Manado.

Kuswantono mengatakan, PLN UP3 Manado telah melakukan persiapan selama tiga bulan terakhir. Pekerjaan peliharaan jaringan distribusi listrik dilaksanakan jauh sebelum Pemilu 2019.

"Pekerjaan kita laksanakan sebelumnya sehingga pada saat masa kampanye, masa tenang, hari pencoblosan dan rekapitulasi pasokan terjaga. Kita minimalisir potensi gangguan," ujar Kuswantono.

Dalam apel ini dilakukan juga gelar peralatan untuk memastikan kesiapan seluruh peralatan kerja, alat pelindung diri (APD), armada pelayanan teknik, personil siaga serta Standard Operating Procedure (SOP). (*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved