News Analysis

Ini Tanggapan Dosen Psikologi Unima Terkait Tindakan Penganiaayan di Kalangan Bangku SD

Sebuah video berdurasi satu menit memperlihatkan seorang siswi SD menjadi korban bully yang dilakukan oleh temannya.

Ini Tanggapan Dosen Psikologi Unima Terkait Tindakan Penganiaayan di Kalangan Bangku SD
ISTIMEWA
Sinta Elisa Jelita Kaunang 

Ini Tanggapan Dosen Psikologi Unima Terkait Tindakan Penganiaayan di Kalangan Bangku SD

News Analysis oleh:
Sinta Elisa Jelita Kaunang SPsi MCSi
Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Bidang Psikologi Universitas Negeri Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Sebuah video berdurasi satu menit memperlihatkan seorang siswi SD menjadi korban bully yang dilakukan oleh temannya yang juga menggunakan seragam putih merah.

Tak hanya di-bully dengan kata-kata, siswi SD yang belum diketahui namanya itu juga ditampar oleh siswi SD yang ada di depannya.

Meski belum diketahui secara pasti apa yang jadi permasalahannya, namun jika didengar dari bahasa yang digunakan oleh pelaku bully, logat yang digunakan adalah dialek Manado.

Hal langsung mengundang tanggapan masyarakat, salah satunya dari pengamat instansi pendidikan Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Bidang Psikologi Universitas Negeri Manado Sinta Elisa Jelita Kaunang SPsi MCSi.

Jadi, ia menanggapi video yang viral tentang perilaku anak Usia Sekolah Dasar.

Kalau mau dibahas satu persatu ada banyak aspek yang perlu ditemui kenali terlebih dahulu sebelum memberikan kesimpulan tentang penyebab perilaku anak usia Sekolah Dasar tersebut.

Terlepas dari asal siswa/peserta didiknya dari Manado atau dari mana asalnya, perilaku si anak mencerminkan tentang keadaan lingkungan tempat ia dibesarkan, pola asuh seperti apa yang ia terima di rumah (di mana keluarga adalah pendidikan pertama & yang utama) serta cerminan pola didikan yang ada di sekolah tempat ia mengenyam pendidikan formal.

Bisa juga, orangtua memiliki kontrol perilaku yang baik terhadap anaknya ketika dirumah, namun tidak di dukung oleh lingkungan sosial & sekolah tempat ia berinteraksi.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved