Kondisi Penjara Buruk, Narapidana di AS Gugat Pengelola ke Pengadilan

Para tahanan mengeluhkan kondisi bangunan yang disebut banyak belatung dan tikus, serta dinding yang tertutup jamur.

Kondisi Penjara Buruk, Narapidana di AS Gugat Pengelola ke Pengadilan
The Guardian
Ilustrasi penjara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Buruknya kondisi penjara di California, AS, mendorong narapidana untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap pihak manajemen.

Para tahanan mengeluhkan kondisi bangunan yang disebut banyak belatung dan tikus, serta dinding yang tertutup jamur, pada Fasilitas Perawatan Penyalahgunaan Narkotika dan Penjara Negara Kota Corcoran di California.

Para narapidana yang ditahan dalam fasilitas tersebut mengaku mereka kerap menemukan belatung dan bahkan tikus yang jatuh dari langit-langit dan mendarat tepat di atas meja ruang makan.

Mereka juga menemukan atap yang berlubang, dengan rembesan air hujan ditambah kotoran burung tembus dari panel langit-langit yang runtuh.

Dinding bangunan juga banyak yang tertutup lumut dan jamur karena udara lembap yang terus menerus.

Demikian keluhan Robert Escareno, seorang narapidana yang mengajukan tuntutannya terhadap manajemen penjara Corcoran ke pengadilan California.

Pihak manajemen penjara telah mengakui masalah yang terjadi pada bangunan penjara.

Namun mereka tidak ingin sepenuhnya disalahkan karena sebagian kondisi itu disebabkan oleh para narapidana sendiri.

Letnan Penjara Kota Corcoran, Michael Owens, saat bersaksi di hadapan pengadilan, mengatakan bahwa kebiasaan para narapidana dalam menyimpan makanan, juga melemparkannya ke sistem ventilasi melalui lubang di langit-langit, telah mengundang banyaknya serangga, belatung, dan tikus.

Para tahanan juga disebut bertanggung jawab atas hewan dan serangga hama di penjara karena kerap menyimpan sisa buah dan roti di saluran ventilasi untuk dicampurkan dengan minuman ilegal.

Halaman
12
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved