News

Di Wilayah Ini Rencananya akan Dibuat Larangan Merokok Sambil Mengemudi, Ini Beritanya

Dinas Perhubungan Kota Cimahi masih menunggu sosialisasi dari Kementerian Perhubungan RI, terkait penerapan Permenhub nomor 12 tahun 2019 pasal 6

Di Wilayah Ini Rencananya akan Dibuat Larangan Merokok Sambil Mengemudi, Ini Beritanya
Tribun Jabar
Larangan Merokok Sambil Berkendara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Perhubungan Kota Cimahi masih menunggu sosialisasi dari Kementerian Perhubungan RI, terkait penerapan Permenhub nomor 12 tahun 2019 pasal 6 huruf C tentang larangan merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika mengendarai sepeda motor.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto, mengatakan, untuk menarapkan larangan merokok sambil mengemudi di Kota Cimahi pihaknya harus mendapat arahan terlebih dahulu terkait teknisnya dari Kemenhub RI.

"Kami belum mendapat arahan dari pusat terkait aturan itu, jadi hingga saat ini untuk di daerah (Kota Cimahi) belum diterapkan," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Rabu (3/4/2019).

Ia menambahkan, Dishub Kota Cimahi hingga saat ini belum mendapat surat edaran terkait penerapan aturan itu, padahal pihaknya sangat mendukung apabila aturan itu diterapkan di Kota Cimahi.

Baca: Pembunuhan di Manado, Korban Wanita Asal Talaud yang Berdomisili di Manado, Polisi Tunggu Keluarga

Baca: BREAKING NEWS: Ini Identitas Penabrak Beruntun di Teling Atas Sampai di Jalan Ahmad Yani Sario

Baca: Viral Video Keluarga Prabowo di Minahasa Dukung Jokowi, Ini Tanggapan Keluarga Capres 02

"Apalagi aturannya untuk pengendara sepeda motor, saya sangat mendukung karena bisa membuat pengendara tidak fokus kalau sambil merokok," katanya.

Ia mengatakan, apabila Dishub Kota Cimahi sudah mendapat arahan dari pusat, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Satuan Lalu lintas Polres Cimahi untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu ke masyarakat.

"Kalau sudah ada arahan, pasti kami berkoordinasi dengan aparat kepolisian karena bagaimana pun aturan itu penegakan hukumnya dilakukan oleh mereka," ucapnya.

Sebelum diterapkannya aturan tersebut, kata dia, Dishub Kota Cimahi bersama aparat kepolisian akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak melanggar aturan yang diberlakukan Kemenhub pada 11 Maret 2019 itu.

"Jadi saat pelaksanaanya pengendara harus mengikuti aturan, kalau melanggar pasti dilakukan penindakan, sama seperti UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," kata Ruswanto.

Tautan: http://jabar.tribunnews.com/2019/04/03/dishub-cimahi-dukung-larangan-merokok-sambil-mengemudi-tunggu-arahan-teknis-dari-kemenhub

Editor: Yulius Moningka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved