Prediksi Rupiah: Kembali Perkasa terhadap Dolar

Rupiah ditutup melemah di akhir pekan lalu. Di pasar spot, rupiah melemah 0,16% di Rp 14.163. Sedangkan di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate

Prediksi Rupiah: Kembali Perkasa terhadap Dolar
kontan.co.id
Mata uang rupiah dan dollar AS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Rupiah ditutup melemah di akhir pekan lalu. Di pasar spot, rupiah melemah 0,16% di Rp 14.163. Sedangkan di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) melemah 0,39% di Rp 14.157 per dollar AS.

Chief Economist Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih bilang, pelemahan rupiah Jumat (22/3) karena koreksi teknikal dan pembelian dollar AS lebih besar di akhir pekan. "Karena kebutuhan berlibur ataupun disimpan," jelas dia.

Meski demikian, Lana dan Analis Asia Central Capital Futures Wahyu Tribowo Tribowo Laksono menilai, rupiah akan kembali menguat pada hari ini. Imbas dari kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) yang menetapkan bunga acuan di level yang sama masih akan terasa dan menopang rupiah. Apalagi hal tersebut diikuti oleh kebijakan Bank Indonesia.

Selain itu, keberhasilan pemerintah yang bisa menjaga pertumbuhan ekonomi dan neraca perdagangan tetap surplus Februari 2019 membuat rupiah tetap perkasa. Lana memperkirakan, akan rupiah bergerak di Rp 14.150 - Rp 14.164 per dollar AS. Sedangkan Wahyu memperkirakan rupiah bergerak di Rp 14.100-Rp 14.200 per dollar AS. (Jane Aprilyani)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved