Sulawesi Utara

Kemenag Sulut Hadiri Ulang Tahun ke-96 GGP

Sepang mengungkapkan bahwa keragaman di Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Kemenag Sulut Hadiri Ulang Tahun ke-96 GGP
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Kemenag Sulut Hadiri Ulang Tahun ke-96 GGP 

Kemenag Sulut Hadiri Ulang Tahun ke-96 GGP

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili Kepala Bidang Urusan Agama Kristen Cynthia Sepang SPAK MSi menghadiri Selebrasi Ulang Tahun Gereja Gerakan Pentakosta (GGP) ke-96 yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Minggu (24/03/2019).

Sepang mengungkapkan bahwa keragaman di Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Semua keindahan itu terangkum dalam dasar negara kita, Pancasila.

Dasar negara inilah yang mempersatukan semua keberagaman termasuk keberagaman dalam memeluk agama dan mengamalkan ajaran agama yang dianut oleh setiap warga bangsa Indonesia.

"Salah satu upaya untuk menjaga keragaman dan toleransi antara umat beragama adalah moderasi beragama. Moderasi beragama ini penting dikedepankan untuk menyikapi keragaman. Moderasi beragama adalah bagaimana agama disikapi, dipahami kepada esensi dan substansi agama itu sendiri, tidak sekedar pada simbol-simbol agama karena semua agama mengajarkan ajaran yang moderat dalam arti tidak ekstrim sebab tidak ada agama yang mengajarkan kepada kita untuk bertindak di luar batas," kata Sepang.

Lanjutnya, pemerintah melalui Kementerian Agama terus mendorong persatuan nasional melalui harmonisasi kehidupan umat beragama baik internal maupun antarumat beragama.

Dalam hal ini posisi dan fungsi Kementerian Agama sangat strategis karena berada di tengah-tengah umat beragama sekaligus menjadi penengah dan pengayom dalam wujud moderasi.

Secara keseluruhan masyarakat Sulawesi Utara sangat toleran dan memahami betul ikatan persaudaraan antar sesama yang sudah mendarah daging sejak dulu.

Hal ini terbukti hasil survei nasional tahun 2018 kerukukan umat beragama yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan Pelatihan (Balitbang dan Diklat) Kementerian Agama, Sulawesi Utara berhasil menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kerukunan umat beragama tertinggi di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved