Cegah Ada Kecurangan, Fadli Zon Usul Pemantau Internasional Awasi Pemilu dan Pilpres 2019

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai keberadaan pemantau Pemilu Internasional di Indonesia sangat penting.

Cegah Ada Kecurangan, Fadli Zon Usul Pemantau Internasional Awasi Pemilu dan Pilpres 2019
tribun jogja
Fadli Zon 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai keberadaan pemantau Pemilu Internasional di Indonesia sangat penting.

Pernyataan Fadli tersebut merespon usulan akademisi Rocky Gerung mengenai mendesaknya pemantau internasional ikut mengawasi Pemilu dan Pilpres 2019.

"Menurut saya sangat penting ya, supaya pertama dengan adanya pengamat internasional saya kira KPU juga menyelenggarakan," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (21/3/2019).

Fadli Zon mengatakan pihaknya sendiri akan mengundang parlemen internasional untuk ikut memantau jalanya Pemilu di Indonesia.

Bila KPU kemudian mengundang pemantau internasional maka akan lebih baik.

"Tapi kalau dari KPU saya kira akan ada juga pengamat internasional atau lembaga internasional untuk ikut mengawasi pemilihan umum. saya kira itu hal yang bagus," katanya.

Baca: Begini Saran Fadli Zon Kepada Pemerintah, soal Kasus Penembakan Anggota Brimob di Papua

Baca: Fadli Zon Kritik Program Kartu Jokowi: Memang Satu Orang Mau Bawa Satu Lusin Kartu?

Menurut Fadli Zon, keberadaan pemantau Pemilu bukan sebagai bentuk ketidakpercayaan terhadap Penyelenggara Pemilu melainkan untuk memperlihatkan penyelenggaraan Pemilu di Negara Demokrasi terbesar ketiga di dunia.

"Saya kira bukan (tidak percaya KPU), kita berharap tentu KPU berlaku jujur dan adil tetapi dengan adanya itu, kita melihat juga, jangan sampai ada kecurangan mereka juga harus melihat kita ini sebagai lembaga atau sebagai negara yang demokrasi ketiga terbesar dari sisi demokrasi, saya kira wajar mengundang dari lembaga-lembaga internasional atau dari parlemen atau dari negara lain," pungkasnya.

Sebelumnya, Akademisi Rocky Gerung berkicau mengenai mendesaknya pemantau internasional ikut mengawasi Pemilu dan Pilpres 2019 nanti.

"Legitimasi Pemilu makin defisit. Gejala kecurangan makin kentara. Saya kira penting lembaga pemantau independen internasional ikut mengawasi. Demi transparansi demokrasi," kicau Rocky Gerung.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Fadli Zon Sebut Keberadaan Pemantau Pemilu Internasional Penting

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved