Penyelundupan 125.619 Ekor Lobster Seharga 19 Miliar Berhasil Digagalkan KKP

Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster, Jumat (15/3/2019).

Penyelundupan 125.619 Ekor Lobster Seharga 19 Miliar Berhasil Digagalkan KKP
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster, Jumat (15/3/2019).

Dikutip TribunWow.com dari siaran pers KKP, terdapat 125.619 ekor benih lobster yang berhasil diamankan di area Baggage Handling System (BHS) Bandara Soekarno Hatta.

Penyelundupan benih lobster dalam jumlah pesan ini berhasil digagalkan berkat kerjasama antara Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BBKIPM) Jakarta I dengan Aviation Security (Avsec) Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Garuda Indonesia.

Benih lobster ini dikemas dalam 128 kantong plastik berisi kaus basah sebagai media menempelnya benih.

Kantong tersebut dibawa menggunakan 4 buat tas koper dan rencananya akan diterbangkan menuju Singapura menggunakan penerbangan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 828.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rina menyebutkan, awalnya petugas Avsec merasa curiga pada satu koper bawaan penumpang.

“Petugas Avsec mencurigai satu koper yang diduga berisi barang selundupan. Pada saat dicari, pemilik koper tersebut menghilang, tidak dapat ditemukan. Akhirnya, petugas menghubungi BBKIPM Jakarta I untuk melakukan pengecekan isi tas tersebut,” terang Rina di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Baca: Begini Tanggapan TKN soal Maruf Amin Bawa Contekan saat Debat Cawapres

Baca: Jokowi Mengaku Kaget di Sibolga ada Kasus Bom: Kota Ini Tentram, Aman dan Damai

Petugas BBKIPM Jakarta I yang memeriksa pun memastikan bahwa koper tersebut berisi benih lobster.

Petugas lantas berkoordinasi dengan pihak Grand Handling/Gapura Maskapai Garuda Indonesia untuk melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap barang bagasi lainnya.

“Setelah diperiksa kembali, petugas BBKIPM Jakarta I berhasil mengamankan 3 koper lainnya di area pick up zone. Dan setelah dilakukan pemeriksaan ulang di X-ray, dipastikan ketiga koper tersebut berisi benih lobster,” jelas Rina.

Rina memaparkan, penggagalan penyelundupan ini berhasil menyelamatkan Sumber Daya Ikan (SDI) Indonesia senilai lebih dari Rp 19 miliar (Rp19.023.800.000).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster (BL), Jumat (15/3/2019).
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster (BL), Jumat (15/3/2019). (Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP))
Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved