Tim Tanggap Darurat Tunggu Rekomendasi PVMBG untuk Nasib Pengungsi

Masa tanggap darurat akan segera berakhir beberapa hari lagi, tim Tanggap Darurat masih menunggu rekomendasi dari PVMBG Bandung.

Tim Tanggap Darurat Tunggu Rekomendasi PVMBG untuk Nasib Pengungsi
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Tim Tanggap Darurat masih menunggu rekomendasi dari PVMBG untuk menentukan pengungsi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO- Masa tanggap darurat akan segera berakhir beberapa hari lagi, tim Tanggap Darurat masih menunggu rekomendasi dari PVMBG Bandung.

"Status gunung belum berubah, rekomendasi juga belum berubah, dan jika sudah berakhir masa tanggap darurat, kita akan pertimbangan apakah beralih ke darurat transisi atau langsung ke rehab rekon," jelas Bob Wauten Kepala BPBD Sitaro, Sabtu (23/02/2019).

Baca: Bau Belerang Gunung Karangetang Tercium Sampai Pos pemantau

Ia mengatakan, rencana yang dipersiapkan akan melihat rekomendasi dari PVMBG, sebab ada beberapa rumah yang berada sangat dekat dengan kali yang terancam dengan guguran lava pijar.

"Ada lima rumah, kita masih tunggu rekomendasi dari PVMBG, sampai saat ini belum keluar, karena melihat kondisinya ada alternatif untuk direlokasi karena sudah sangat terancam," jelas dia.

Untuk 59 KK yaitu 11 KK di Batubulan dan lainnya di shalter dan di rumah keluarga itu jika belum bisa dikembalikan sesuai dengan rekomendasi saat ini akan dibangunkan hunian sementara.

"Sementara lima kita akan rencana bangun hunian tetap sehingga mereka sudah tidak kembali ke rumah mereka di daerah yang sudah sangat terancam saat ini," ujar dia.

Baca: LPA Sulut Hibur Anak Pengungsi Erupsi Gunung Karangetang

Ia mengatakan, ada lahan yang akan dipinjam oleh Pemda Sitaro untuk lokasi pembangunan hunian sementara."Rumahnya rencana semi permanen, supaya mudah dibongkar," jelas dia.

Sementara untuk hunian tetap akan ditanyakan kembali ke pengungsi, jika memiliki tanah akan dibangun di tanah mereka bangunan permanen, namun harus ditempat yang aman.

"Kalau tidak ada lahan, pemerintah akan coba menyiapkan, namun harus sesuai dengan keinginan mereka, sebab mereka yang akan direlokasi di situ," jelasnya. (amg)

Berita Populer: Gimana Jadinya Kalau Suami Orang Ketemu Mantan Melalui Media Sosial?

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved