Pemkab Minahasa Antisipasi Penyebaran Mikroplastik

Pemkab Minahasa Antisipasi Penyebaran mikro plastik sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh

Pemkab Minahasa Antisipasi Penyebaran Mikroplastik
Istimewa
Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menghadiri peluncuran Gerakan Indonesia Bersih dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Auditorium Soedjarwo Manggala Wanabakti 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menghadiri peluncuran Gerakan Indonesia Bersih dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Auditorium Soedjarwo Manggala Wanabakti, Kamis (21/02/2019).

Menurut Bupati Royke, fokus program Gerakan Indonesia Bersih yaitu menekankan peningkatan perilaku hidup bersih sehat di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, kerja, dan komunitas.

Selain itu peningkatan kebersihan bersinergi dengab penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat.

Serta pengembangan sistem pengelolaan sampah yang holistik dan terintegrasi termasuk kali bersih, juga sarana dan prasarana pelayanan publik.

Baca: Pemkab Minahasa Dapat Alokasi Rastra dari Januari Hingga April

“Jadi program gerakan indonesia bersih pada intinya menyangkut komitmen semua daerah pada masalah kebersihan, salah satunya untuk meminimalisir produksi sampah plastik," ungkap Bupati.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam pemaparannya berharap kegiatan ini dapat menjadi katalis dan medium sinergi nasional untuk meningkatkan dampak dan kualitas pengelolaan sampah di Indonesia.

Baca: Rekrutmen PPPK Pemkab Minahasa Diminta Lebih Selektif

Sebab perhatian nasional dan internasional pada sampah juga tertuju pada sampah plastik, dengan segala potensi akibatnya kepada manusia dan satwa.

“Sampah plastik di laut ukuran mikro atau marine debris sangat berbahaya karena menganggu kesehatan apabila sampah plastik masuk dalam pencernaan ikan dan masuk dalam sistem rantai pangan. Pemerintah Indonesia bertekad untuk kita bersama dapat mengatasi masalah sampah laut dan plastik di Indonesia,” ungkap Menteri Siti. (eas)

Berita Populer: Tidak Diberi Kode Handphone, Romi Belah Perut Istrinya dan Mengambil Bayinya

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved