Trump Desak Militer Venezuela Kudeta Presiden Mereka

Presiden Venezuela Nicolas Maduro sejauh ini menolak mengundurkan diri atau menggelar pemilu presiden

Trump Desak Militer Venezuela Kudeta Presiden Mereka
AFP/JUAN BARRETO
Presiden Venezuela Nicolas Maduro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MIAMI - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mendesak militer Venezuela untuk meninggalkan dukungannya terhadap Presiden Nicolas Maduro.

Dalam pidatonya di Miami, di hadapan masyarakat Venezuela di AS, Trump memperingatkan bahwa "pandangan seluruh dunia" tertuju kepada mereka yang mendukung kekuasaan Maduro.

Trump mengatakan mereka yang terus mendukung pemerintahan Maduro telah mempertaruhkan masa depan dan nyawa mereka sendiri.

Dilansir BBC, Dalam pidatonya di Miami, di hadapan masyarakat Venezuela di AS, Trump memperingatkan bahwa "pandangan seluruh dunia" tertuju kepada mereka yang mendukung kekuasaan Maduro.

Namun Presiden Venezuela Nicolas Maduro sejauh ini menolak mengundurkan diri atau menggelar pemilu presiden, walaupun ada tekanan internasional yang terus meningkat. Sementara itu, puluhan negara, termasuk AS, telah mengakui Juan Guaido sebagai presiden sementara negara itu.

Sebelumnya, Ketua Majelis Nasional pimpinan dan tokoh oposisi Juan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela.

Dia kemudian berjanji mengawasi jalannya pemilu yang baru dengan alasan pemilu tahun lalu, yang mengesahkan kepemimpinan Maduro sebagai presiden, cacat.

Pidato Trump ini merupakan upaya lebih lanjut untuk menekan para pejabat Venezuela agar mengalihkan kesetiaannya kepada pemimpin oposisi, Juan Guaido.

Sejauh ini Maduro mengklaim dirinya masih mendapat dukungan militer serta beberapa sekutu utamanya.

Trump menyampaikan pidato, Senin lalu, di Miami International Florida University, di hadapan kerumunan orang yang kebanyakan adalah imigran Venezuela dan Kuba. (*)

Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved