Kalah Debat Capres, Sekjen PDIP Nilai Prabowo Menggunakan Politik Kambing Hitam

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto heran dengan dilaporkannya calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo ke Badan Pengawas Pemilu.

Kalah Debat Capres, Sekjen PDIP Nilai Prabowo Menggunakan Politik Kambing Hitam
tribun medan
Prabowo Subianto 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto heran dengan dilaporkannya calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo ke Badan Pengawas Pemilu.

Ia menilai, laporan tersebut hanya sebagai alasan karena calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kalah dalam debat kedua.

"Jadi jangan karena kalah dalam persiapan, dalam kapasitas, kemudian dicari politik kambing hitam," kata Hasto di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

 
Jokowi sebelumnya dilaporkan ke Bawaslu oleh Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) atas tuduhan menyerang pribadi Prabowo saat debat.

Baca: Maruf Harap Sandiaga Menghormati dengan Santun, Namun Harus Ikuti Aturan KPU

Baca: Ada 62 Kasus DBD di Bolmong, Dinkes Terus Lakukan Fogging

Hal itu mengacu pada pernyataan Jokowi yang menyebut Prabowo memiliki lahan di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektar dan di Aceh Tengah sebesar 120.000 hektar.

Namun, Hasto menegaskan bahwa pernyataan Jokowi yang menyinggung lahan Prabowo itu bukan serangan personal.

Hal itu justru berhubungan dengan tema debat dan kebijakan Jokowi membagi-bagikan sertifikat tanah.

Jokowi, kata dia, ingin menunjukkan bahwa program bagi-bagi sertifikat di pemerintahannya saat ini benar-benar dilakukan untuk rakyat kecil.

Baca: Hasil Survey Publik Puas Kinerja ODSK, Steven Kandouw Sebut Makin Memicu Semangat Kerja

Baca: Babinsa Nonapan Dua Lakukan Cara Ini untuk Cegah Banjir dan Penyakit

Berbeda dengan pemerintahan terdahulu yang membagikan lahan secara besar kepada elite.

"Pak Jokowi menyampaikan politik tanah yang berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya, dimana politik tanah itu menjalankan perintah konstitusi tanah untuk rakyat, maka rakyat diberdayakan untuk mendorong seluruh kemampuan ekonominya," kata Hasto.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf ini juga menegaskan bahwa pernyataan soal penguasaan lahan tak akan dilontarkan jika Prabowo tak mengkritik program bagi-bagi sertifikat.

"Coba Pak Prabowo enggak menanyakan hal itu. Kalau Pak Prabowo menanyakan lebih soft, itu enggak akan muncul persoalan lahan. Ini bukan serangan pribadi. Ini adalah fakta dan itulah yang menjadi concern bahwa pesan utamanya Pak Jokowi membuat sebuah kebijakan memberikan lahan tidak untuk segelintir orang," ucap Hasto.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan link http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/19/sekjen-pdi-p-jangan-karena-kalah-debat-lalu-cari-kambing-hitam.

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved