Pemilu 2019

8 Kontainer Surat Suara Pemilu Tiba di Sulut, Kapolda Perintahkan Jaga Ketat

Kapolda menyebut, untuk satu kontainer surat suara akan dikawal tiga sampai lima personel melekat, voorijder, dan personel pengawal lainnya.

8 Kontainer Surat Suara Pemilu Tiba di Sulut, Kapolda Perintahkan Jaga Ketat
Tribun Manado
Kapolda Sulut, Wali Kota Bitung, bersama jajaran KPU, Bawaslu memantau kedatangan surat suara Pemilu 2019 di Pelabuhan Bitung, Senin (18/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Chintya Rantung

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Surat suara Pemilu 2019 untuk Sulawesi Utara telah tiba di Pelabuhan Bitung, Senin (18/2/2019).

Surat suara tersebut dimuat di delapan kontainer, seluruhnya ada 4.831 dus.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara Ardiles Mewoh mengatakan, dalam satu dus terdapat 1.000 surat suara, sehingga total ada 4.831.000 lembar surat suara untuk 15 daerah di Sulut.

Turut hadir dalam penjemputan surat suara di Pelabuhan Bitung, yakni Kapolda Sulut Irjen Sigid Tri Hardjanto, Wali Kota Bitung Max Lomban, jajaran TNI AL, Bawaslu, serta para komisioner KPU Sulut dan Kota Bitung.

Baca: Surat Suara Pemilu Tiba di Sulut, Dibawa Kapal dari Makassar

Baca: Kontainer Surat Suara Pemilu Dibuka, KPU Sulut Siap Distribusi ke Daerah

Baca: Ketika Pemilih Pindah TPS, Bisa Dapat Semua Surat Suara? Belum Tentu

Kata Ardiles, distribusi surat suara pemilu dan logistik lainnya dalam koordinasi dengan kepolisian dan Bawaslu; Kepolisian untuk pengawalan dan pengamanan, Bawaslu untuk pengawasan.

"Selanjutnya untuk teknisnya akan dilanjutkan di KPU kota dan kabupaten dan akan dilakukan penghitungan kembali surat suara dan selanjutnya dibuatkan berita acara," kata Ardiles.

Kapolda Sigid memberi motivasi kepada para personel yang bertugas mengawal dan mengamankan logistik pemilu hingga di tingkat daerah.

"Logistik pemilu harus selamat dan aman sampai tujuan,” kata dia.

Kapolda menyebut, untuk satu kontainer surat suara akan dikawal tiga sampai lima personel melekat, voorijder, dan personel pengawal lainnya.

“Teknisnya sudah kami latih kepada anggota dan tinggal menunggu KPU,” kata Sigid. (*)

Penulis: Chintya Rantung
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved