3 Tahun Kepemimpinan OD-SK: Ini Keinginan Olly yang Belum Terwujud

Sulawesi Utara telah jadi kekuatan baru ekonomi di timur Indonesia! Kurun 3 tahun memimpin, Gubernur Olly Dondokambey

3 Tahun Kepemimpinan OD-SK: Ini Keinginan Olly yang Belum Terwujud
ISTIMEWA
Gubernur Sulut Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Sulawesi Utara telah jadi kekuatan baru ekonomi di timur Indonesia! Kurun 3 tahun memimpin, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) telah membukukan investasi Rp 26,4 triliun.
Tahun 2016, investasi di Bumi Nyiur Melambai hanya Rp 4,5 triliun. Naik di 2017 menjadi Rp 7,9 triliun. Di 2018, melonjak hampir 2 kali lipat, Rp 14 triliun lebih, rekor tertinggi investasi di Sulut.

Sektor infrastruktur, OD-SK mampu membangun Jalan Tol Manado-Bitung, jalan tol pertama di Sulut. Kemudian Waduk Kuwil-Kawangkoan, Waduk Lolak, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Pariwisata Likupang Minahasa Utara.
Tak kalah strategis, hadirnya megaproyek Palapa Ring, pembangunan jaringan seluler (kabel optik) di Nusa Utara, Jalan Ring Road III, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ilo Ilo dan Jalan Bandara Sam Ratulangi-Likupang untuk menunjang KEK Pariwisata.
Dunia pariwisata Sulut jadi primadona pemerintahan OD-SK. Terobosan di bidang pariwisata berhasil memacu pertumbuhan ekonomi Sulut, meski beberapa sektor lain sedang lesu.

Prestasi paling mencuat 3 tahun kepemimpinan OD-SK, yakni pertumbuhan kunjungan wisatasan asing di Bumi Nyiur Melambai. Data menunjukan tahun 2016, Sulut kedatangan 40.624 wisman. Meningkat pesat 100 persen lebih di tahun 2017 sebesar 86.976 turis. Naik lebih pesat di 2018, sebanyak 124.830 wisman.

Gubernur Olly menargetkan di 2019, kunjungan wistawan asing akan lebih tinggi lagi bisa mencapai 150.000 wisman. Pariwisata memberikan multiplayer efek bagi Sulut. "Saya harapkan masyarakat menjadi penerima manfaat dari turisme, semua lini bisa merasakan," ujar dia.

"Target kita mendorong usaha kecil menengah (UKM) akan berkembang sehingga menambah lapangan pekerjaan," kata dia. Turis menghabiskan minimal rata-rata Rp 6 juta, jika dikalikan maka ada perputaran uang triliunan dari turis ini.
Olly mengatakan, satu di antara sektor UKM yang bisa dimasuki, yakni oleh-oleh. UKM bisa memproduksi oleh-oleh yang unik dan khas. Pariwisata tetap menjadi andalan pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, setelah sektor perkebunan mengalami penurunan. "Seiring pertumbuhan turis, UKM harus imbangi, kalau tidak maka akan terlambat merespons ini," kata dia.

Nyatanya meski sektor lain mengalami penurunan, perekononian Sulut tetap meningkat selang 3 tahun OD-SK dengan mengandalkan pariwisata.
Pada 2016, ekonomi Sulut tumbuh 6,17 persen, 2017 tumbuh lagi hingga 6,32 persen, di 2018 diprediksi angka pertumbuhan ekonomi mencapai 6,6 persen.

Turis Cina masih mendominasi kunjungan wisman. Pada 2018, menurut data Imigrasi Manado, turis Cina yang masuk melalui Bandara Samrat mencapai 107.075 atau meningkat 69 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017. Sedangkan data terkini di tahun 2019, periode 1 Januari hingga 5 Februari, jumlah turis asing yang tiba di Manado sudah mencapai hampir 20 ribu orang.

Satu di antara strategi jitu Olly dengan merintis penerbangan langsung dari Cina. Sudah ada 8 rute dari Cina yang berhasil dirintis sejak Olly menjabat. Di 2019, rute penerbangan kian bertambah 4 kota di Cina dilayani maskapai Lion Air, yakni Changsa Huanghua, Tianjin, Guangzhou Baiyun dan Shanghai Ludong.

Kemudian Sriwijaya Air baru melayani rute dari Hanzhou. Menyusul kemudian rute Kinabalu (Malaysia) oleh Malindo Air. Davao (Filipina) ikut dijajal untuk menambah kunjungan wisatawan.
"Rute penerbangan yang membawa para wisman ini menjadikan sektor pariwisata tetap menjadi andalan Pemprov Sulut sebagai penggerak ekonomi daerah," kata Gubernur.

Olly mengakui, Presiden Joko Widodo begitu peduli dengan pembangunan di Sulut. Pemerataan pembangunan dengan slogan membangun dari pinggiran memang direalisasikan. "Saya berterima kasih kepada Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla. Ini bukan kampanye. Ini kenyataan di lapangan," kata Olly.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved