Selama 2018 Lalu Kiriman Uang TKI ke Indonesia Capai Rp 151 Triliun

Sekitar 70 persen TKI bekerja di wilayah Asia Pasifik dengan porsi terbesar di Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

Selama 2018 Lalu Kiriman Uang TKI ke Indonesia Capai Rp 151 Triliun
Google
Ilustrasi Rupiah 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Selama 2018 lalu, Bank Indonesia (BI) mencatat penerimaan remitansi atau pengiriman uang antar negara dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri pada tahun lalu mencapai Rp 151 triliun atau 10,8 miliar dolar AS.

Seperti dilansir CNN. jumlah TKI yang bekerja di luar negeri tahun lalu capai 3,65 juta orang.
Berdasarkan data Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) BI, penerimaan transfer personal dalam bentuk remitansi yang diperoleh TKI yang bekerja di luar negeri atau pekerja migran Indonesia (PMI) relatif stabil.

Dari data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengindikasikan sekitar 70 persen TKI bekerja di wilayah Asia Pasifik dengan porsi terbesar di Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

Remitansi dari Asia Pasifik masih didominasi oleh Malaysia yang mencapai lebih dari 40 persen, di susul Hong Kong dan Taiwan di kisaran 5 persen.

Sementara itu, Porsi pengiriman uang dari TKI yang bekerja di Asia Pasifik mencapai hampir 70 persen dari total remitansi pada tahun lalu. Khusus untuk kuartal IV 2018, total pengiriman remitansi dari Asia Pasifik mencapai US$1,7 miliar, diikuti kawasan Timur Tengah dan Afrika yang mencapai US$1,1 miliar. (*)

Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved