1.410 Kotak Suara Rusak Kehujanan, KPU: Jumlahnya Tak ‘Seberapa’

Jumlah kotak suara rusak masih mungkin bertambah lantaran Bawaslu masih terus melakukan pengecekan di gudang penyimpanan.

1.410 Kotak Suara Rusak Kehujanan, KPU: Jumlahnya Tak ‘Seberapa’
ISTIMEWA
ilustrasi: Sejumlah petugas KPU Bolmong sedang merakit kotak suara kardus untuk pelaksanaan Pemilu 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, CIREBON - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Ilham Saputra membenarkan adanya ribuan kotak suara pemilu rusak di Cirebon, Jawa Barat.

Berdasarkan data terakhir Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, jumlah kotak suara rusak mencapai 1.410 unit. Menurut Ilham, angka tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan jumlah keseluruhan kotak suara sebanyak 4.060.079 unit.

"Menurut saya, dibandingkan jumlah kotak suara yang begitu banyak, ini tidak terlalu signifikan," katanya di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019). Ribuan kotak suara rusak lantaran basah terkena air hujan yang masuk ke gudang penyimpanan.

Fenomena itu, kata Ilham, termasuk kategori logistik pemilu yang rusak terdampak bencana. KPU berencana untuk segera menggantinya dengan kotak suara baru, setelah ada laporan resmi dari KPU Jawa Barat.

"Kita memang punya kontigensi plan, rencana darurat yang nanti akan kita segera ganti yang nanti kemudian kotak suara itu rusak karena bencana," ujar Ilham.

Diberitakan, Bawaslu Jabar mengungkap, jumlah kotak suara pemilu rusak di Cirebon bertambah dari 696 menjadi 1.410 unit.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Zaki Hilmi menyebut, angka itu masih bersifat sementara. Jumlah kotak suara rusak masih mungkin bertambah lantaran Bawaslu masih terus melakukan pengecekan di gudang penyimpanan.

Kotak suara yang digunakan untuk pemilu 2019 adalah karton kedap air atau dupleks. Setelah melalui proses uji coba, kotak suara berbahan dasar dupleks itu mampu menahan beban lebih dari 80 kilogram. Kotak suara ini juga diklaim kedap percikan air. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Sebut Jumlah Kotak Suara Rusak di Cirebon Tak Signifikan", https://nasional.kompas.com/read/2019/02/11/12445211/kpu-sebut-jumlah-kotak-suara-rusak-di-cirebon-tak-signifikan.

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved