Impian Air Bersih Warga Tateli Weru Terwujud, Puluhan Tahun Tampung Air Hujan

Enjel Katiandago sangat bersyukur ada bantuan air bersih. Sebelumnya ia dan warga lainnya harus menampung air hujan. Meski kotor, tetap digunakan.

Impian Air Bersih Warga Tateli Weru Terwujud, Puluhan Tahun Tampung Air Hujan
Tribun Manado
Fasilitas sumur air bersih di Desa Tateli Weru, Kecamatan Mandolang, Minahasa. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bertahun-tahun lamanya warga di Desa Tateli Weru, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, memanfaatkan air hujan dan sumur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski air tak terlalu bersih, warga terpaksa memakainya.

Namun, sumur bor air bersih bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuat beban warga Tateli Weru berkurang.

Hukum Tua Aser Mosed mengatakan, harapan air bersih sejak tahun 1983, saat desa ini berpisah dari Desa Taleli, akhirnya terpenuhi. Aser mengaku bahagia, karena inilah yang diimpi-impikan masyarakat desanya.

Bantuan ini tak memakai dana dari kementerian, sehingga pemerintah desalah yang harus menyediakan anggaran pemeliharaan. Aser pun menegaskan telah menyediakan anggaran pemeliharaan dari badan usaha milik desa (BUM-Des).

Baca: Kementerian ESDM Serahkan Bantuan Sumur Bor di Tateli Weru

Baca: Waga Tateli Weru Dapat Bantuan Sumur Bor, Hasibuan: Warga Juga Butuh Lampu Jalan

Baca: Pemprov Sulut Sediakan Rp 2,1 Miliar untuk Bangun 7 Titik Sumur Bor

Enjel Katiandago, satu di antara warga, sangat bersyukur ada bantuan air bersih. Sebelumnya ia dan warga lainnya harus menampung air hujan. Meski kotor, tetap digunakan.

Kalau tak ada air tampungan hujan, ia mengambil air dari sumur milik tetangganya. Jika hujan, sumur ini tak jernih, kotor. Namun apa boleh buat, hanya itu sumber air yang memungkinkan.

"Kami bersyukur ada air bersih. Ini sangat membantu karena kami kesulitan. Apa yang telah lama kami dambakan akhirnya ada juga," katanya.

BERITA POPULER:

Baca: Ayah Marcelino Mongi, Korban Kecelakaan Kairagi Menangis Histeris di RSUP Kandou: Apa Kita pe Salah?

Baca: 2 Warga Afganistan di Rudenim Manado Lakukan Bakar Diri, Sajjad: Kami Bukan Pembuat Kriminal

Baca: (VIDEO) Viral! Siswa Aniaya Guru di Kelas karena Ditegur Merokok Direkam Temannya!

Sekretaris Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Munir Ahmad mengatakan, di Sulut ada 15 titik pembangunan sumur bor akr bersih. Ia berharap sumur ini efektif dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Total se-Indonesia ada 560 unit yang tersebar di 34 provinsi.

Kedalaman sumur ini 125 meter, dengan pompa 3 PK, genset 15 KW dengan daya tampung 5.000 liter. Juga dengan bangunan rumah genset.

"Karena ini dana dari masyarakat, kami berharap sumur ini dijaga dan dimanfaatkan dengan baik," jelasnya. (*)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved