Apa Dampak Dari Pergeseran Magnet Bumi ? Ini Penjelasannya

Kutub magnet bumi atau kerap disebut geomagnet belakangan ini diketahui mengalami sejumlah bergeseran yang tak terduga

Apa Dampak Dari Pergeseran Magnet Bumi ? Ini Penjelasannya
tribun travel
Bumi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kutub magnet bumi atau kerap disebut geomagnet belakangan ini diketahui mengalami sejumlah bergeseran yang tak terduga. Pasalnya, gerakan magnet bumi itu tidak beraturan mengikuti material besi di perut bumi.

Hal ini tentu menimbulkan sejumlah kekhawatiran terkait dampak yang mungkin ditimbulkan. Apalagi beberapa penelitian tentang fenomena ini juga menghubungkannya dengan peristiwa lain.

"Pergeseran kutub-kutub geomagnet yang kian cepat, memang ada yang menduga sebagai tanda-tanda awal dari pembalikan kutub-kutub magnet Bumi," ungkap Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir melalui pesan singkat.

"Dugaan itu diperkuat oleh melemahnya kekuatan medan magnet Bumi, yang rata-rata mengalami pelemahan 10 persen per abad," imbuhnya.

Marufin menuturkan, kedua fenomena ini sering dihubungkan karena studi tentang benda langit memiliki mekanisme serupa.

"Dalam studi medan magnet benda-benda langit seperti halnya Matahari, sebelum terjadi pembalikan posisi kutub-kutub magnet memang terjadi pelemahan medan magnet disertai pergeseran kutub-kutub magnet benda langit yang dimaksud," ujar Marufin.

Baca: Wenny Warouw Nilai Jokowi Tak Paham Aturan

Baca: Pertama di Dunia, Jepang Luncurkan Meteor Buatan ke Luar Angkasa

Hal inilah yang sering menjadi ketakutan banyak orang. Pasalnya, medan magnet bumi berfungsi untk melindungi kita dari angin matahari dan radiasi kosmik.

Meski begitu, sebenarnya peristiwa samacam ini sering terjadi di planet kita.

"Di Bumi, peristiwa pembalikan kutub-kutub geomagnet berulang kali terjadi," kata Marufin.

"Rata-rata berlangsung setiap 300 hingga 400 ribu tahun sekali dengan satu peristiwa pembalikan memakan waktu seribuan tahun," imbuhnya.

Halaman
12
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved