Serda Jeski Dampingi Petani Sinsingon Beri Pupuk dan Cabut Rumput

Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Jeski Pangemanan melaksanakan pendampingan petani dalam kegiatan pemberian pupuk dan mencabut rumput.

Serda Jeski Dampingi Petani Sinsingon Beri Pupuk dan Cabut Rumput
ISTIMEWA
Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Jeski Pangemanan dampingi petani dalam kegiatan pemberian pupuk dan mencabut rumput yang mengganggu tanaman batang bawang milik Roy Mokalu di Desa Sinsingon Induk Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, Rabu (16/01/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-02/Passi Serda Jeski Pangemanan melaksanakan pendampingan petani dalam kegiatan pemberian pupuk dan mencabut rumput yang mengganggu tanaman batang bawang milik Roy Mokalu di Desa Sinsingon Induk Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, dengan luas 2,5 hektare, Rabu (16/01/2019).

Kecamatan Passi Timur merupakan salah satu bagian wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow yang secara georafis memiliki banyak perbukitan, hal tersebut tentunya mempengaruhi budaya, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.

Baca: Babinsa Desa Tungoi Serda Daniel Bantu Petani Panen Padi

Begitu pun para petani yang telah bertahun-tahun beradaptasi dengan kondisi wilayah tersebut yang subur untuk ditanami sayuran.

Baca: Babinsa Koramil 1303-10/Poigar Serda Susiyanto Bantu Poktan Pupuk Jagung

Seperti halnya para petani di Desa Sinsingon Induk, mereka memaksimalkan lahan pertanian dengan menanami tanaman holtikultura baik itu sayur mayur, buah buahan maupun tanaman hias.

Danramil 1303-02/Passi Kapten Inf Asrak Badarun mengungkapkan, dalam setiap kesempatan dirinya selalu menekankan kepada anggota agar terus berupaya memberikan pendampingan dan motivasi kepada petani.

Baca: Babinsa Liningaan Bersihkan Selokan Cegah DBD

"Kami tetap menghormati adat istiadat dan kebudayaan masyarakat binaan," ujar Danramil.

Para petani bisa diarahkan untuk menanam tanaman selain padi yang mempunyai nilai ekonomis seperti cabai, jagung dan juga buah-buahan yang sesuai dengan kondisi struktur tanah di wilayah Kecamatan Passi Timur.

Baca: Babinsa Imandi Serda Edi Bantu Petani Bajak Sawah

Roy Mokalu satu diantara petani menyampaikan terimakasih atas bantuan dari Babinsa.

"Bantuan yang diberikan dari TNI menambah motivasi dan semangat untuk berkebun dan mengelola pertanian," singkatnya. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

TONTON JUGA:

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved